Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

DUNIA kini sedang menghadapi ‘keadaan darurat’ karena lonjakan kasus obesitas yang mengancam pandemi penyakit jantung, kata para ilmuwan. Berbagai negara mulai mengatasi permasalahan ini.

Lebih dari 1 dari 10 penduduk dunia mengalami adalah obesitas atau setara dengan lebih dari setengah miliar orang dewasa. Jumlah itu meningkat dua kali lipat sejak 1980. Peningkatan terbesar berada di negara-negara kaya tapi hampir setiap negara juga telah mengalami peningkatan serupa. Berikut peta obesitas dunia:

a. Pertumbuhan tercepat: Amerika Serikat
AS mengalami kenaikan jumlah indeks massa tubuh paling cepat antara 1980 dan 2008, lebih dari 1 kg dalam satu dekade. Pekerjaan yang semakin stagnan tanpa banyak bergerak, kurag berjalan dan bersepeda, lebih banyak mengemudi dalam mobil, serta meningkatnya konsumsi makanan siap saji dan minuman manis berada di balik kenaikan ini.

b. Semakin ramping: Italia
Italia adalah satu-satunya negara berpenghasilan tinggi di Eropa yang penduduknya memilili indeks massa tubuh yang stabil. Italia mengalami kenaikan terkecil. Diet Mediterania klasik seperti pasta, sayuran dan buah adalah salah satu pola makan yang paling sehat di dunia. Maka itu, tak menghersnkan jika penduduknya rata-rata bertubuh ramping.

c. Semakin gemuk: Inggris
Inggris memiliki indeks massa tubuh tertinggi keenam di Eropa untuk perempuannya dan tertinggi kesembilan untuk pria. Satu dari 4 pria dan 1 dari 3 perempuan mengalami kelebihan berat badan dan sekitar 12 juta mengalami obesitas.

d. Paling kurus: Bangladesh
Bangladesh memiliki penduduk yang rata-rata bertubuh kurus. Bangladesh tercatat sebagai adalah negara dengan penduduk terkurus di dunia Nasi adalah makanan pokok warganya, tapi sayang jutaan orang tak memiliki cukup nasi untuk dimakan. Lebih dari separuh anak-anak, lebih dari 9 juta, mengalami hambatan dalam pertumbuhan akibat kurangnya berat badan.

e. Paling gemuk: Nauru
Nauru adalah negara yang warga negaranya paling gemuk di dunia. Nauru yang terletak di Pasifik Selatan adalah negara dengan pulau terkecil yang populasinya kurang dari 10.000. Obesitas telah berkembang sebagai akibat dari impor makanan ala Barat yang dibayar dengan dana hasil pertambangan fosfat. Hidangan yang paling populer adalah ayam goreng dan minuman soda.

sumber: mediaindonesia.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Mengenal Rani Juliani, Caddy Penakluk Antasari Azhar, Via Blognya
  2. Waspada! Kejahatan Uang Palsu di ATM
  3. Jonah Cardeli Falcon, Pemilik Penis Terpanjang 34 Cm
  4. Hacker Rumania Jebol Situs Symantec
  5. 10 Macam Makanan Mengandung Melamin!
  6. Google Bisa Lacak Perselingkuhan Lho!
  7. Microsoft Membeli Perusahaan Keamanan Jaringan
  8. Desain Gendheng Pengusaha Baju Kaos Beromset 1,3 Miliar
  9. Video : Kenapa Bayi Bisa Lahir Dengan Ukuran Besar “Raksasa”
  10. Foto Bugil, Diduga Praja IPDN