Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Opera telah merilis versi terakhir dari jenis mobile browser mereka yang diberi nama Opera Mobile Web Browser for Windows, dengan versi rilis Beta 9.5, dimana aplikasi ini telah mengalami berbagai macam pengembangan namun tetap saja beberapa celah/bus masih terdapat didalamnya.

Opera Mobile 9.5 memberikan tampilan baru bagi penggunanya, dimana versi terbaru nya ini memberikan lebih banyak fitur dan tampilan yang lebih bersih dari user interface pada versi sebelumnya. Serta browser versi terbaru ini memiliki kecepatan dan kelengkapan paket yang membuat penggunanya dapat menjelajahi dunia manay dengan nyaman. Berikut adalah beberapa fitur yang terdapat pada versi terbaru Opera Mobile 9.5 antara lain :

  • Dukungan terhadap Opera Dragonfly, dimana fasilitas ini mengijinkan pengguna atau pengembang untuk melakukan pengecekan terhadap Cascading Style Sheets(CSS) atau debug dari JavaScript.
  • Pan and zoom, penggunanya dapat melihat tampilan browser dalam ukuran penuh sesungguhnya dan pengguna dapat melakukan pan and zoom pada area halaman yang diinginkan.
  • Kemudahan dan kecepatan dalam penyimpanan halaman ataupun image/gambar, serta pengembangan dari paket standar lainnya.

Jon von Tetzchner, Chief Executive Officer at Opera Software mengatakan, ”Para fans serta pengguna Opera telah menanti peluncuran dari Opera Mobile 9.5 sejak peluncuran pertama kali pada Mobil World Congress tahun ini. Saat ini kami (pihak pengembang Opera) menjawab penantian para pengguna operas dengan meluncurkan versi terbaru Operas Mobile ini. Namun ini merupakan versi Beta sehingga apabila para pengguna ingin menikmati Opera Mobile 9.5 versi final maka para pengguna harus menunggu terlebih dahulu. Untuk pengembangan kedepan Opera Mobile 9.5 versi final diharapkan menjadi browser yang stabil dan handal serta tidak menutup kemungkinan dilakukan pengembangan-pengembangan paket didalamnya.

Adapun beberapa isu dan celah/bugs yang terdapat pada Opera 9.5 beta untuk versi Opera Mobile ini antar lain :

  • Tidak ada dukungan terhadap fasilitas ActiveX, dimana al ini mengakibatkan apabila terdapat paket berupa video streaming atau flash plugins maka paket tersebut tidak akan berfungsi saat dibuka.
  • Custom-made IMEs(input method editor) yang mana akan berjalan sangat cepat pada kondisi baik, namun tidak bekerja sama sekali dikondisi down.buruk ketika Opera Mobile 9.5 beta ini diinstal pada handset/ponsel kita.
  • Pada mode overview maka teks tidak akan ditampilkan sesuai dengan aslinya
  • Ketika diinstal pada memory card, Opera Mobile 9.5 Beta ini kemungkinan akan mengalami masalah, kebanyakan terjadi masalah crash
  • Dukungan bahasa yang ada hanya bahasa inggris, untuk jenis bahasa lain masih belum dapat digunakan.

Sebelum melakukan instalasi new Opera Mobile 9.5 beta ini pada handset/ponsel kita maka pastikan apakah kita yakin akan fitur yang ditawarkan beserta dengan kelemahannya. Untuk instalasi dari Opera 9.5 beta ini hanya direkomendasikan untuk advance user atau pihak developer, karena apabila terjadi kesalahan instalasi maka dapat mengakibatkan hilangnya data pada ponsel atau kesalahan lain yang tidak disengaja. Sehingga ada baiknya bagi pengguna biasa/regular untuk menunggu hingga versi final dari Opera 9.5 ini.

Penulis : Willmen TB Panjaitan
FTI – Universitas Atma Jaya

sumber: beritanet.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Kawasan Wisata Kuliner Perlu Dibangun
  2. Google Rayakan Ulang Tahun Ke-10
  3. Dewan Pers: Kasus Kover “Soeharto’s Code” Sudah Selesai
  4. Hacker Diancam Hukuman 8 Tahun Penjara atau Denda Rp 2 Miliar
  5. Hacker Ikut Bantu Susno! Rusak 60 Situs
  6. Kunci Kakbah Dijual Seharga Rp166,4 Miliar
  7. Tuli : Efek Samping Viagra
  8. Darah Haid Bisa Perbaiki Jantung?
  9. Lecehkan Islam, Tokoh Agama Bersatu Tolak Film Fitna
  10. Ditemukan Protein Penumbuh Rambut