Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Sebagai pengguna PCMAV dan pencinta Open-Source saya ingin memberikan masukan sbb bagi PC-MEDIA dan anti-virus-nya berkaitan dengan HAKI PCMAV dengan mesin gandanya yang menggunakan libclamav dari anti-virus ClamAV yang berlisensi GPL.

Dalam berkas dokumentasi ClamAV – clamdoc.pdf – yang saya baca, di poin 6.1 membahas tentang lisensi bagai mana tentang penggunaan libclamav. Kira-kira terjemahannya seperti berikut:

…. Bahwa libclamav berada dibawah lisensi GNU GPL v2, yang berarti bahwa libclamav tidak diperkenankan untuk dipergunakan pada aplikasi komersial dan atau berkode sumber tertutup (close-source) – Penggunaan program clamd atau clamscan masih diperkenankan. – yang artinya program yang menggunakan libclamav haruslah GPL compliant.

Satu lagi di poin 6.3.1 mengenai berkas header:

…. Setiap program yang menggunakan libclamav haruslah menyertakan berkas header clamav.h di dalam paketnya.

#include

Untuk itu saya meminta pihak PC-MEDIA sebagai lembaga untuk meminta maaf pada komunitas Open-Source, pembaca majalah PC-Media, dan pengguna PCMAV atas kesalahan ini di majalah PC-MEDIA, dan juga meminta untuk membuka kode sumber PCMAV dan mengeluarkannya dengan menggunakan lisensi GNU GPL apabila masih ingin menggunakan libclamav pada programnya. Atau membuang integrasi libclamav dan menjadikan PCMAV sebagai “Front-End/GUI” bagi program clamd/clamscan untuk tetap dapat menggunakan mesin-ganda dengan anti-virus ClamAV.

Mengingat juga selama ini saya banyak mendengar tanggapan miring mengenai PCMAV dan tim pembuatnya, ada baiknya PCMAV untuk membuka kode sumbernya dan dikeluarkan dengan menggunakan lisensi GNU GPL.

NB: Informasi dan dokumentasi mengenai ClamAV dapat dilihat dan di-download di situs resminya http://www.clamav.net yang diikutsertakan juga bersama berkas paket sumber antivirus ClamAV.

sumber: kaskus.us – dxbike


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Googleplex, kantor paling asyik di dunia
  2. Kunci Kakbah Dijual Seharga Rp166,4 Miliar
  3. Opera Luncurkan Mobile Browser 9.5 Versi Beta
  4. Bahan Kosmetik Dari Lemak Manusia
  5. Inilah 10 Jurus Hadapi Serangga Tomcat + Resep Organik Pembasmi Tomcat
  6. Inilah 22 Merek Kopi Berbahaya Yang Mengandung Bahan Kimia Obat
  7. Inilah 20 Pacar Ronaldo Yang Semok, Montok dan Cantik
  8. Terobosan Baru Memasak Pizza
  9. Lima Hacker Bersejarah di Tahun 2006-2007
  10. 75 Juta Pria Asia Pelanggan Seks Komersial