Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Jeff Ooi in 2005.

SEORANG blogger tulen, Ooi Chuan Aun yang akrab dipanggil Jeff Ooi berhasil memenangkan kursi DPR dalam Pemilu Malaysia yang digelar Sabtu (8/3). Jeff bakal tercatat sebagai blogger pertama di dunia yang sukses di bidang politik, dengan sepenuhnya mengandalkan ketenaran dirinya dan popularitas blognya.Jeff yang maju sebagai caleg dari partai DAP, mencatat kemenangan mutlak di daerah pemilihan Jelutong, Pulau Pinang. Menurut pengumuman resmi Suruhan Pilihan Raya (semacam KPU), Jeff meraih dukungan 30.493 suara. Jauh mengungguli dua pesaingnya, Thor Theong Gee (BN/14.247 suara), dan calon independen Badrul Zaman bin PS (882).

Jeff adalah salah satu blogger paling ngetop di Malaysia. Nama blog pria keturunan Cina ini Screenshots. Kebanyakan postingannya berupa berita politik serta panduan membuat dan mengelola blog; serta galeri foto-foto hasil bidikannya. Dia memang seorang fotografer dan ahli IT

Blogger tulen dan profesional

Hampir semua caleg kubu koalisi dalam pemilu adalah blogger. Artinya mereka membuat blog sendiri, untuk mengkampanyekan pendirian politik dan program-program yang ditawarkan. Anwar Ibrahim sendiri, yang kian mencuat sebagai lokomotif reformasi, memiliki satu blog dan satu website. Dan tentu saja dia berhak menyandang sebutan blogger.

Namun ada perbedaannya. Bagi para politisi blog adalah media alternatif paling mudah dan aman dari jangkauan intelijen pemerintahan Badawi.Pasalnya, rasa takut terhadap pemerintah masih kuat sekali, sehingga nyaris tidak ada media Malaysia yang mengekspos kegiatan kampanye oposisi.

Tapi bagi Jeff Oii, blog adalah media ekspresi dan aktualisasi diri. Screenshots dia luncurkan sejak 2 Januari 2003. Didedikasikan untuk mengabarkan berita-berita terkini di Malaysia, liputan utamanya adalah masalah politik dan fotografi. Sambil mengelola blog Jeff melayani tutorial pembuatan blog dan pengelolaan IT.

Buah dari ketekunannya, Jeff kemudian menjelma jadi blogger paling berpengaruh di Malaysia. Antara Maret sampai 10 Maret 2006 saja, katanya, banyaknya data yang di-download pengunjung dari blognya 51 gigabytes. Pada 2005, Screenshots memenangkan anugerah Freedom Blogs Awards untuk kategori Asia, dari organisasi Reporters Without Borsders.Jeff Ooi adalah pengasuh forum fotografi bernama Lensa Malaysia, dengan pengunjung sampai 200.000 orang per bulan.

Menurut Wikipedia, dia juga pendiri dan pengelola USJ dan Subang Jaya, serta pemilik forum komunitas usj.com.my. Jeff juga disewa oleh CNET Asia sebagai blogger teknis. Dia menamakan blognya di domain CNET Asia : Lemak Lemang.

Sepenuhnya mengandalkan blog.

Kisah terjunnya Jeff sebagai caleg dalam pemilu ini, ternyata lantaran pernah ditantang pimpinan partai Democratic Action Party (DAP), yaitu pada 2006. Sebelumnya dia pernah menjadi anggota Gerakan Rakyat Malaysia (Malaysian People Movement), yang termasuk Barisan Nasional. Dia resmi bergabung dengan DAP 31 Juli 2007.

Nah, untuk mengkampanyekan dirinya dan program-programnya, pria keturunan Cina berusia 52 tahun ini tinggal mengoptimalkan sejumlah blog yang dimilikinya. Bahkan, dia tidak segan-segan minta donasi dari para pengunjung blognya, yang ternyata mendapat respopon positif.

Dalam postingan terbarunya kemarin, Jeff Ooi melaporkan bahwa uang yang terkumpul dari masyarakat untuk kepentigan kampanyenya total 113.000 ringgit. Berarti ada kelebihan 13.000 ringgit dari ketentuan aturan pemilu mengenai besarnya sumbangan yang boleh diterima dari masyarakat.

Jeff terjun sebagai caleg sangat tepat momentumnya, ketika UMNO dan Barisan Nasional sedang mengalami kemunduran lantaran persoalan internal, dan akibat arogansi rezim Badawi yang membuat rakyat makin antipati, terutama kalangan minoritas India yang merasa dianaktirikan.

Sebagai sesama blogger tentu kita ikut merasa senang, dan mari kita ucapkan selamat atas terpilihnya Jeff sebagai anggota Dewan di parlemen Malaysia. Kita harapkan dia tetap ngeblog, kendati pekerjaan seorang anggota Dewan pasti bejibun. Salam Blogger! (Robert Manurung)

Pengen punya web blog sendiri?, klik disini !

 


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Pelecehan Seks Di Transjakarta, Lihat Videonya!
  2. Mengenal Rani Juliani, Caddy Penakluk Antasari Azhar, Via Blognya
  3. NARKOBA Jenis Baru Bernama “Strawberry Quick”
  4. Pengobatan Mata Dengan iLasik
  5. Pernah Lihat 5000 Orang Telanjang? Nich Fotonya! Di Sydney Opera House!
  6. Waspada! Kejahatan Uang Palsu di ATM
  7. Cowboys in Paradise : Film Dokumenter Gigolo Bali, Fenomena Daerah Wisata
  8. Inilah 10 “Kata Kunci” Paling Populer di Google Selama Libur Lebaran
  9. Inilah 20 Pacar Ronaldo Yang Semok, Montok dan Cantik
  10. Hantu : Video dan Foto Tuyul Di Bogor, Hebohkan Warga