Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Resep Masakan dan Lifestyle – Inovasi yang tidak disangka-sangka sering kali menjadi tren mendunia setelah diawali dari Indonesia. Seperti beberapa tahun ini, ada tongsis alias tongkat narsis yang berguna untuk para selfie mania. Lalu sekarang, tongtol pun tercipta. Jangan sampai salah sebut ya!

Sepekan terakhir, istilah tongtol menyeruak. Inovasi itu muncul sebagai respons dari program pemerintah yang akan membuat semua layanan di gerbang tol menjadi nontunai. Semua transaksi akan dilakukan menggunakan kartu elektronik yang selama ini sudah dikenal dengan sebutan e-toll.

Para pengendara yang sering menggunakan gerbang tol otomatis (GTO) pasti tau bagaimana sulitnya menempelkan kartu e-toll ke mesin pembaca kartu. Apalagi untuk jenis mobil tertentu yang membuat sulit bagi seseorang menempelkan kartunya.

Karena e-toll akan menjadi wajib, inovasi pun muncul untuk mengatasi kesulitan itu. Muncullah tongtol alias tongkat e-toll yang sepekan ini semakin ramai dibicarakan dan diperjualbelikan di berbagai platform media sosial. Namun, meski bermanfaat, komentar lucu bermunculan karena istilahnya yang lucu dan khawatir terpeleset lidah.

Seperti yang dikatakan akun bernama @kisekidaiki_ di jejaring Twitter. ”Habis tongsis, kini ada tongtoll. Bahaya nih kalo salah nyebut.,” katanya.

Begitupun akun @gilbhas yang mengatakan, ”Tongtoll. Agak ga enak ya namanya.”

Di Facebook, komentar yang sama bermunculan karena istilah tongtol yang baru itu. Seperti Yustitia Arief yang menuliskan, ”Kenapa tongtoll sih namanya? Saya kan jadi malu, takut kepeleset lidah.”

Selain masalah penyebutannya, bentuk tongtol memang agak lucu. Banyak yang menyamakannya dengan tongkat yang dulu sering digunakan untuk memukul nyamuk, yang biasanya berbentuk jaring-jaring dengan gagang.

Akhirnya memang banyak juga yang menggunakan raket nyamuk itu untuk menempelkan kartu e-toll-nya. Seperti yang disaksikan dan diungkapkan akun @JetVeetlev. ”Baru liat ada yg nempelin etoll pake raket nyamuk :))) mobilnya mercedes :)),” ucapnya.
Khas Indonesia

Meski istilahnya aneh didengar, hal itu memang wajar karena masih tahap perkenalan. Seperti halnya ketika tongsis baru beredar, masyarakat pun merasa asing dan aneh ketika mendengar dan mengucapkannya.

Akan tetapi, masyarakat mengapresiasi bahwa inovator Indonesia memang cepat menangkap peluang. Ketika swafoto semakin digemari, tongsis pun diciptakan menjadi tren. Perkembangan trennya sebelum mendunia telah dimulai dari Indonesia.

Begitu pun dengan tongtol yang kali ini menjadi tren, dan siapa tahu akan menjadi tren mendunia. Apresiasi diungkapkan akun @sahatsimarmata di jejaring Twitter. Ia menuliskan, ”Tongtol #TongkatToll Inovasi Khas Indonesia.

Begitu pun akun Asep Saepuloh di Facebook. ”Ohhh ini yg namanya TONGTOLL, namanya jg orang indonesia, selalu ada aja inovasi di saat sebagian pintu toll sudah tidak bisa lagi bayar tunai, biar gk ribet saat nempelin kartu ya pake tongtoll ini,” katanya.

Inovasi baru memang selalu bermunculan sesuai dengan kebutuhan. Tongtol ini memang fungsional sekali bagi para pengendara mobil yang sering menggunakan fasilitas jalan tol. Namun, karena baru mulai dan belum terbiasa, hati-hati menyebutkannya ya, supaya enggak terpeleset lidah.

sumber: pikiran-rakyat.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. IPhone Paling Digemari di Dunia
  2. Google Bisa Lacak Perselingkuhan Lho!
  3. Pernah Lihat 5000 Orang Telanjang? Nich Fotonya! Di Sydney Opera House!
  4. Lelang Virginitas demi Kuliah
  5. Bahan Kosmetik Dari Lemak Manusia
  6. 25 Persen Obat di Indonesia Palsu
  7. Aida Saskia Perempuan Selingkuhan KH Zainuddin MZ
  8. Inilah 10 Jurus Hadapi Serangga Tomcat + Resep Organik Pembasmi Tomcat
  9. Bakteri Penyebab Kematian Tiba-tiba pada Bayi
  10. Adegan Mesum SMA Nganjuk, Dilakukaan Saat SMP