Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Sebuah Trojan bernama Koobface telah mengganggu aktivitas pengguna situs jejaring social Facebook beberapa waktu lalu. Sekarang menurut ScanSafe, trojan tersebut sudah menyebar ke situs jejaring social lainnya. Trojan pembangkit pesan ke teman tersebut telah menginfeksi pengguna dengan menyuruh pengguna Facebook untuk meng-click sebuah link yang mengandung malware. Sekali user terinfeksi, maka user secara langsung akan diarahkan ke situs yang mengandung malware, terlebih ketika user mencoba menggunakan search engine, maka user akan sangat beresiko terhadap pencurian identitas dari trojan tersebut.

ScanSafe melaporkan bahwa system trojan Koobface tersebut telah mempengaruhi aplikasi di Bebo, dan bahkan akan segera mencari target situs jejaring social lainnya, seperti Friendster, MySpace dan BlackPlanet. “User yang meng-click link berisi trojan Koobface akan disambut dengan sebuah pesan yang menyuruh user untuk meng-update Flash player untuk melihat ‘video’. Namun, sebenarnya tidak ada video di sana ataupun tidak perlu adanya update Flash player karena semua itu hanya untuk mendapatkan simpati user guna lebih mudah menginfeksi system user dengan menginstal Trojan tersebut.” jelas Mary Landesman, peneliti keamanan senior di ScanSafe.

ScanSafe memperkirakan bahwa account Koobface yang digunakan untuk block malware walaupun sekarang ini hanya sekitar 1 persen, namun perkembangannya semakin cepat. “Saran yang ada, sama seperti beberapa tahun lalu, jangan meng-click lick di email yang mencurigakan atau tidak diharapkan, walaupun email tersebut tampil dari seseorang yang dikenal. “ tambah Landesman.

sumber: beritanet.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Pemerintah Dorong Penggunaan Satelit Domestik, Website Lokal Kapan?
  2. Pemain Video Mesum “Siscacannonball” Ditangkap
  3. Generasi Indonesia Semakin Pendek dan Gemuk
  4. Wow! 80 Persen Penduduk DKI Pernah Terinfeksi Hepatitis A
  5. Hacker Diancam Hukuman 8 Tahun Penjara atau Denda Rp 2 Miliar
  6. Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih
  7. Inilah 70 Produk Kosmetika Berbahaya
  8. Cewek Panggilan (ABG) Hanya 600 Ribu Mau?
  9. Sejarah Baru Internet, Pidato Obama Kalahkan ‘Seks’
  10. Temuan YLKI : Inilah Daftar Pembalut dan Pantyliner Mengandung Zat Berbahaya