Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Nike F. Andaru : Hobi Nge Blog Berubah Menjadi Rezeki. Blogger tidak hanya bisa jadi sarana untuk curhat masalah sehari-hari. Nike, blogger yang aktif menulis di dunia maya sejak tahun 2005 ini memilih sarana blog untuk mereview berbagai buku yang sudah dibacanya.

Nike F. Andaru sebenarnya sudah mulai ngeblog sejak 2004, ketika internet mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun dia baru benar-benar aktif menulis blog setahun setelahnya. Awalnya wanita kelahiran 24 Februari 1986 ini menulis soal cerita sehari-hari di blognya.

“Mikirnya kayak diary. Orang juga nulis begitu, jurnal harian,” katanya. Ia mulai berubah haluan menulis review buku pada 2006. Hal itu karena memang pada dasarnya Nike hobi membaca buku dan ingin berbagi ke pembaca blognya apakah buku yang dibacanya itu bagus atau tidak.

Dari hobinya mereview buku di blognya nike.rasyid.net itu, Nike bisa mendapat rezeki. Dia diminta sejumlah penulis dan penerbit untuk mereview buku-buku baru. “Paling banyak 4-5 buku dikirim. Sebulan pasti ada (review buku-red),”.

Meski sudah dikenal sebagai blogger yang suka mereview buku, Nike tidak merasa apa yang dilakukannya itu menjadi profesi. Apa yang dilakukannya sekarang adalah bagian dari menjalankan hobinya. Karena hobi juga, dia pun tidak kecewa ketika diminta mereview satu buku tanpa imbalan uang.

“Kita dapatin banyak buku, dari penerbitnya sendiri tanpa harus kita bayar buku tersebut. Misalnya kita dapat paket buku segala macam. Lebih banyak networknya,” ujar Nike menjelaskan manfaat yang didapatnya.

Ibu seorang putri ini bisa mendapat kesempatan untuk mereview buku dari penulis baru atau penerbit setelah bergabung dalam komunitas Goodreads Indonesia. Komunitas tersebut merupakan tempat berkumpulnya pecinta buku. Bukan hanya pembaca buku saja, penerbit dan penulis buku juga ada di Goodreads Indonesia.

“Karena komunitasnya sudah besar, networknya besar. Di situ kansnya lebih besar,” ujar wanita yang sehari-hari menjadi ibu rumah tangga dan tinggal di Palembang itu.

Selain bisa memperoleh buku secara gratis, ‘keuntungan’ lainnya yang didapat Nike karena aktif menulis blog ini adalah dia bisa berbagi ke orang lain tentang bagaimana cara menulis. Untuk berbagi ilmu ini, lulusan Akutansi Politkenik Negeri Sriwijaya, Palembang itu sampai pernah diundang ke Malaysia untuk melatih Tenaga Kerja Wanita.

“Kita buat pelatihan di sana, kerjasama dengan KBRI di Malaysia. Melatih teman-teman di sana untuk ngeblog,” tuturnya.

Silakan bergabung di komunitas blogger perempuan, Klik disini!

sumber: wolipop.com, edit : resep


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Google Sediakan Ad Manager untuk Penjual Iklan
  2. Manajemen Resiko Pada Forex Trading
  3. 4 Aturan Wajib Dipatuhi! Yang Ingin Berbisnis Cake dan Cookies
  4. Menghadirkan Allah Dalam Bisnis
  5. Peluang Bisnis MLM Online Bersama Oriflame Indonesia
  6. Satu lagi AdSensenya Indonesia
  7. 10 Perusahaan Terbaik di Indonesia 2011
  8. 10 Hal Pokok Dalam Memilih Program Affiliasi
  9. Bagaimana Meningkatkan Ekspor via Internet
  10. Tahun Baru, Usaha Baru! Berikut 4 Tips Memulai Usaha