Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Bisnis di dunia maya kini mulai banyak dilirik orang, terlebih dengan semakin santernya isu dampak krisis global membuat banyak orang semakin berpikir untuk mencari alternatif pemasukan fresh money, selain daily job yang dilakoninya.

Bisnis online atau bisnis di dunia maya sendiri jika kita cermati dewasa ini bertumbuh semakin cepat. Dunia e-commerce pun semakin meluas pengaplikasiannya. Jika dahulu e-commerce identik dengan proses transaksi jual beli secara online saja, maka kini babak baru e-commerce telah dimulai. E-commerce bukan melulu tentang transaksi jual beli di dunia maya, namun makna e-commerce kembali pada pengembangan hakikat utamanya, yaitu proses penyediaan product barang ataupun jasa untuk customer. Segala sesuatu di dunia maya kini bisa diusahakan menjadi sebuah bisnis, mulai dari bisnis jual beli product, jasa konsultasi, hingga jasa penyedia berita atau news provider, semua dapat kita sebut sebagai e-commerce.

Dan seperti pada umumnya sebuah bisnis itu berlangsung, maka diperlukan pula sebuah strategi marketing yang jitu untuk membangunnya. Memang bisnis online termasuk bisnis yang dapat dimulai dengan ’modal dengkul’ atau modal seminim mungkin, namun bukan berarti bisnis online dapat dibangun dengan mudah begitu saja berbekal seperangkat komputer atau notebook dan koneksi Internet. Lebih dari itu, jika kita ingin serius mengembangkan dan berkecimpung dalam dunia bisnis online ini, kita juga perlu melakukan persiapan yang matang, terutama dalam hal marketing-nya. Dari sinilah kemudian berkembang istilah web marketing.

Kenapa Web Marketing menjadi begitu penting? Tak ubahnya jika kita membangun sebuah mall perbelanjaan, semegah dan semahal apapun kita membangunnya, jika pada akhirnya kita gagal mendatangkan pengunjung, maka tetap akan sia-sialah mall tersebut dibangun. Begitu pula dengan website, semahal atau secanggih apapun sebuah web dibuat, jika pada akhirnya tidak mampu mendatangkan visitor, makan akan percuma saja sistem tersebut dibuat. Dengan kata lain, kunci sukses dari sebuah web marketing strategy adalah proses bagaimana sang marketer dapat mendatangkan visitor sebanyak-banyaknya ke websitenya. Traffic pengunjung atau visitor menjadi sangat penting dalam web marketing, karena dengan berbekal traffic pengunjung ini pula bisnis online apapun dapat dikembangkan.

Web Marketing sendiri pada prinsipnya terbagi atas dua jenis. Yang pertama tentunya adalah Online Web Marketing seperti yang sekarang sedang marak dibahas di berbagai komunitas. Online Web Marketing sendiri secara teori maupun praktek telah banyak diterapkan berbagai situs dengan mempergunakan teknik optimalisasi SEO dan strategy content yang terus berkembang saat ini.

Sedangkan yang kedua adalah Offline Web Marketing. Offline web marketing di sini merupakan sebuah upaya untuk memasarkan branding website yang bersangkutan kepada masyarakat luas, agar website tersebut mempunyai tempat di hati masyrakat. Tidak hanya berkembang sebagai sebuah website yang sering diketemukan dalam top search hasil pencarian, namun juga menjadi website yang secara langsung dituju oleh masyarakat (melalui direct address ataupun atom/RSS) jika membutuhkan informasi bidang tertentu yang disajikan website tersebut.

Dengan penerapan kedua jenis konsep web marketing tersebut di atas secara tepat, maka bisnis online akan dapat lebih cepat dikembangkan, daripada hanya mengadopsi salah satunya saja. Terlebih jika ingin mengembangkan bisnis online secara professional, sudah seharusnya dipikirkan strategy yang jitu untuk menerapkan kedua konsep web marketing tersebut.

sumber: dna – beritanet.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Pemilihan Ketua Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) Di Sponsori Oriflame
  2. Mau Terbebas Jeratan Utang ? Ikuti 6 Tips Berikut Ini
  3. Tips Sukses Berbinis MLM Via Internet
  4. Apa sih ClixSense ?
  5. Peluang Bisnis Sebagai Reseller Produk Kecantikan Import
  6. Bagaimana Meningkatkan Ekspor via Internet
  7. Kerja Kantoran Sambil Berbisnis Lebih OK
  8. Dapatkan Dollar Dari Blog Anda! Dari Gambar / Image Mau?
  9. Inilah Tips Memilih Kredit Kendaraan
  10. Cara Deposit dan Withdrawl, Trading Forex Di Marketiva