Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Kadang kita melupakan hal-hal kecil atau sepele yang dampaknya cukup besar bagi kulit kita. Padahal, jika kita mau membiasakan diri untuk mengubah kebiasaan buruk atau sifat malas kita, kulit wajah bisa terbebas dari masalah. Berikut adalah kebiasaan seputar perawatan wajah yang perlu diubah:

1. Menggunakan air yang terlalu panas saat mencuci muka
Air yang panas bisa menyebabkan peradangan pada wajah. Membasuh wajah dengan air panas juga akan membuka pori-pori wajah dan membuat pori-pori kulit sulit untuk menutup kembali. Akhirnya wajah kita terlihat seperti kulit jeruk dengan pori-pori yang lebar.

Jika pori-pori wajah membesar, kotoran mudah masuk ke dalam pori-pori dan menyebabkan jerawat atau komedo. Solusinya: gunakan air dingin untuk membasuh kembali wajah setelah menggunakan air hangat agar pori-pori wajah kembali normal.

2. Memakai sabun biasa untuk mencuci wajah
Pembersih wajah sudah disesuaikan dengan kebutuhan kulit perempuan dengan pH (tingkat keasaman kulit) yang seimbang sehingga bisa mengatasi masalah atau problem kulit. Sedangkan sabun biasa (sabun mandi) biasanya punya pH yang berbeda sehingga dapat merusak kondisi kulit.

Jangan menggunakan sabun bayi untuk mencuci muka. Sabun jenis ini tidak cocok untuk kondisi kulit Anda karena sabun bayi diformulasikan untuk mengatasi kulit kering yang umumnya terjadi pada kulit bayi. Jika kulit Anda sudah normal atau cenderung berminyak, hal itu akan membuat problem kulit jadi bertambah.

3. Menyentuh wajah yang baru dibersihkan dengan tangan
Tangan merupakan sumber penyakit bagi kulit wajah. Lewat perantara tangan, akan ditransfer sejumlah kuman yang bisa menyebabkan jerawat, komedo, bahkan infeksi.

4. Menggunakan pelembap tanpa membersihkan wajah
Gunakan pelembap sesaat setelah membersihkan wajah. Saat itu pori-pori wajah sedang terbuka sehingga pelembap dengan mudah bisa diserap oleh kulit.

5. Terlalu banyak makan makanan pedas
Makanan yang pedas akan menstimulasi sejumlah kuman yang ada di dalam kulit untuk tumbuh subur sehingga kulit Anda akan terus berjerawat. Sesekali hindari makanan yang pedas.

Sumber: Clinique Book Guide, kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 4 Koleksi Make Up Wajib Wanita
  2. Inilah Alasan Perempuan Ingin Perbesar Payudara
  3. Perawatan Kulit Mata
  4. Relaksasi dengan Madu dan Susu
  5. Rambut Cepat Tumbuh dan Sehat
  6. Cara Mudah Tutupi Kerutan Mata
  7. Make-up Malam Awet
  8. Sembunyikan Wajah Bulat Anda
  9. Rawat Rambut Setelah Renang
  10. Rawat Payudara Anda Yuk…