Pulpen - Pen Promosi Murah, Klik Disini!Pin Promosi Murah, Klik Disini!


Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :



BAGI orang yang sadar penampilan, pipi bulat dan chubby mungkin dirasa cukup mengganggu. Pipi bulat disebabkan tumpukan lemak yang berlebihan.

“Lemak bisa berada di bawah kulit maupun di rongga pipi. Lemak di rongga pipi disebut buccal fat pad,” ujar Dr. Enrina Diah, Sp.BP, FACPA, ahli bedah plastik dari Brawijaya Women and Children Hospital Jakarta.

Pipi chubby bisa dipicu oleh bermacam hal, misalnya kegemukan. “Bila pipi tembam ada kaitannya dengan kegemukan, itu mudah. Asal mau menurunkan berat badan, pipi pun akan ikut mengecil,” kata Dr. Teddy O.H. Prasetyono, Sp.BP, ahli bedah plastik dari RS Aibee, Gunung Geulis, Bogor. Faktor keturunan bisa juga menyebabkan pipi cenderung gembil.

Jika penyebabnya tumpukan lemak, tentu mengatasinya dengan mengurangi lemak di bawah kulit melalui sedot lemak. “Atau dengan mengurangi buccal fat pad secara langsung,” katanya. Ekspektasi maksimal yang bisa diharapkan setelah operasi penghilangan lemak, kata Dr. Enrina, adalah penampakan wajah yang lebih tirus. Tentu ekspektasi itu bisa diperoleh bila operasi dilakukan oleh dokter bedah plastik.

Langkah pertama yang harus diambil sebelum menjalani operasi adalah konsultasi. Di sesi konsultasi dokter akan mengevalusi keadaan pipi pasien, usia, dan riwayat medisnya. “Bila dalam evaluasi saya deteksi ada potensi hasil yang signifikan, dapat dilakukan sedot lemak,” ungkap Dr. Teddy.

Menurut Dr. Enrina, tidak ada syarat khusus untuk menjalani operasi kecantikan ini selama kondisi pasien sehat. “Fungsi pembekuan darah pasien harus baik. Dan lebih penting lagi, operasi dilakukan oleh dokter bedah plastik yang berpengalaman sebab kasus pipi tembam kadang disertai tulang rahang yang berlebihan. Tulang berlebihan bisa dikurangi dengan tindakan operasi,” paparnya.

Selama konsultasi, pasien diberi kesempatan meng¬ungkapkan ekspektasi hasil wajah yang diinginkan serta bertanya sejelas-jelasnya perihal operasi, seperti risiko, metode, dan lainnya. Pasien wajib memahami prosedur yang dijalankan sebelum memutuskan menjalani operasi.

Empat Bulan Baru Lihat Hasil
Operasi sedot dan pembuangan lemak dari pipi itu bisa dikerjakan dengan tindakan bius lokal yang selesai dalam waktu satu hingga dua jam. Dokter bedah plastik akan memulai pengirisan sekitar dua atau tiga cm di antara pipi dan gusi, mulai dari atas gigi geraham atas kedua sampai belakang mulut. Pengirisan ini akan menampakkan otot pipi.

Dengan melakukan tekanan eksternal di bawah tulang pipi, lemak di pipi itu akan menyembul dari irisan itu. Kemudian lemak akan disedot. Setelah lemak berhasil dihilangkan dari pipi, dokter akan menutup irisan. Tentu saja ada ketidaknyamanan berupa rasa nyeri setelah operasi. Namun, rasa nyeri itu bisa dikura¬ngi dengan obat resep dokter.

Bengkak juga mungkin terjadi. “Bengkak itu bisa terjadi lima hari hingga satu minggu, sehingga disarankan pasien istirahat di rumah selama seminggu setelah operasi,” kata Dr. Enrina.

Penting juga bagi pasien untuk mengikuti petunjuk pascaoperasi. Dokter akan menyarankan pasien memakai garmen khusus sampai bengkak benar-benar berkurang. “Jika disertai pembuangan lemak lewat rongga mulut sebaiknya dilakukan perawatan kebersihan mulut,” imbuhnya.

Biasanya perlu waktu sekitar empat bulan setelah operasi untuk melihat hasilnya. Pipi tirus yang dihasilkan itu sifatnya permanen.

sumber: Diyah Triarsari – kompas.com

Download Ebook Gratis


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Wewangian Kaum Adam
  2. Lengkapi Make-up Tools Anda
  3. Pilih Sabun dengan Tepat
  4. Segarkan Tubuh dengan Pijatan
  5. Cantik dengan Scotch Tape
  6. Cantik dengan Make Up yang Tepat
  7. Penyakit di Tubuh Anda Bisa Di Lihat Dari Kulit Wajah, Berikut Caranya
  8. Pengupas Jerawat Alami
  9. Hindari 7 Kebiasaan ini, Agar Berat Badan Anda Tidak Nambah
  10. Rapikan Alis Secara Tepat