Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

BIKRAM yoga bukan hanya bermanfaat sebagai meditasi. Lebih dari itu, kelas yoga ini memiliki keuntungan mulai dari detoksifikasi hingga memperbaiki kualitas kulit. Kenalkan Bikram Yoga, jenis yoga yang berbeda dengan yoga lain yang dikenal. Apa pasal? Rupanya yoga ini dilakukan dalam ruangan bertemperatur panas dengan suhu sekitar 38-42 C. Hal ini bertujuan merangsang keringat dan membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh.

Suhu panas tersebut merupakan bagian terpenting untuk efek terapi dan membuat otot-otot menjadi lentur. Layaknya besi yang jika ingin dibentuk maka harus dipanaskan terlebih dahulu, tidak jauh berbeda dengan keadaan otot-otot manusia.

Dengan pengaturan ruangan pada suhu tersebut, menjadikan tubuh lebih berkeringat banyak dan otomatis memperlancar proses detoksifikasi. Di samping itu, dapat memperkuat jantung yang menghasilkan efek olahraga aerobik sekaligus membantu pembakaran lemak dalam tubuh.

Bikram yoga dilakukan selama 90 menit. Memang tidak mudah menyesuaikan diri untuk beraktivitas dalam ruangan dengan suhu demikian.

Bagi peserta yang baru pertama kali mengikuti kelas ini, tujuan utama bukannya mengikuti gerakan dengan baik, tetapi bertahan dalam kelas dalam kurun waktu 90 menit.

“Bagi yang pertama kali ikut, normal jika memiliki keluhan seperti pusing atau kelelahan. Yang sudah ikut lama pun masih memiliki keluhan tersebut. Teruskan saja, lama-lama tubuh akan terbiasa sendiri,”ujar pemilik studio Yoga @ 42 Mony Suriany.

Di kelas yang diajarnya, Mony mempersilakan siswanya beristirahat sementara jika mereka merasa kelelahan. Karena jika tubuh sudah menolak untuk bergerak, maka tidak boleh dipaksakan. Yang namanya kelas yoga, lazim dimanfaatkan orang sebagai sarana meditasi.

Pun demikian dengan Bikram. Menurut Mony, jangan beranggapan meditasi hanya dapat dilakukan pada ruangan yang gelap, tenang, sambil hanya diterangi pelita berupa lilin. Mengikuti yoga dalam suatu kelas bersama teman-teman terlebih lagi di ruangan yang bersuhu panas, tidak menghilangkan efek meditasi.

Bayangkan saja, dengan kehadiran banyak orang di suatu ruangan dan ditambah dengan temperatur yang panas, siswa diminta untuk berkonsentrasi penuh pada gerakan, menyeimbangkan pikiran dan mengatur napas pada saat bersamaan. “Di sinilah letak meditasi yang sebenarnya, makanya Bikram yoga baik untuk menghilangkan stres dan kecemasan,” imbuh Mony.

Tetapi Bikram Yoga bukan hanya ampuh untuk meditasi diri. Lebih dari itu, yoga ini mencakup perbaikan sekaligus perawatan di dalam tubuh. Beberapa manfaat yang bisa didapat dari Bikram seperti menyembuhkan otot-otot yang pegal dan sakit, memperbaiki tulang belakang, memperlancar sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh, dan memperbaiki pernapasan.

Bikram juga membantu membuat tidur lebih lelap, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki kualitas kulit serta meningkatkan daya keseimbangan dan koordinasi.

Total kalori yang dapat dibakar dalam waktu 90 menit dengan mengikuti kelas Bikram Yoga adalah 500-600 kalori.

sumber: okezone.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 5 Hal Penting Pengaruhi Pertumbuhan Rambut Anda
  2. Cara Mudah Melindungi Rambut
  3. All About Stretch Mark
  4. Mewarnai Rambut yang Tepat
  5. Wajah Kencang dengan Senam
  6. Putih dan Bersihnya Si Keti
  7. Sembunyikan Wajah Bulat Anda
  8. Henna, Pewarna Oke untuk Rambut
  9. Cantik dengan Jeruk Nipis
  10. Cantik di Segala Acara