Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Resep Masakan dan Lifestyle – Siapa bilang saat hamil tidak bisa tampil cantik? Menjalani rutinitas kecantikan sebenarnya juga bisa membuat wanita hamil merasa nyaman.

“Apalagi tubuh wanita hamil mengalami perubahan yang mereka tidak bisa kontrol. Jadi dengan merasa cantik, hal itu bisa bermanfaat untuk kesehatan mental ibu,” ujar Jolene Ali, pemilik Sweet Momma Spa di Edmonton, Kanada.

Namun tidak sembarang produk kecantikan bisa digunakan ibu hamil. Simaklah beberapa perawatan kecantikan yang aman dan juga harus dihindari oleh wanita hamil, seperti dikutip Today’s Parent:

1. Wax
Kebanyakan produk kecantikan menggunakan bahan pengawet. Oleh karena itu pilihlah wax yang tidak mengandung bahan pengawet kimiawi. Selain itu, Ali juga menyarankan agar wanita hamil tidak melakukan wax yang bisa menimbulkan rasa sakit. Ia menyarankan wax cream karena biasanya lebih lembut.

2. Tabir surya
Menurut Catherine Zip, dokter kulit dari Calgary, Kanada. Jika ingin aman, pakailah tabir surya dengan perlindungan fisik. Meskipun tabir surya dengan perlindungan kimia belum memberikan dampak langsung terhadap produksi racun, namun produk tersebut menyerap ke dalam kulit, sehingga sebaiknya dihindari.

3. Cat rambut
Mewarnai rambut jadi hal yang sering dikhawatirkan ibu hamil. Sampai saat ini hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa pewarna rambut dapat mempengaruhi janin.

“Jika Anda masih khawatir, saya sarankan tunggu sampai trimester pertama kehamilan berlalu karena itu waktu yang paling sensitif,” ujar Gideon Koren, direktur Program Motherisk di Rumah Sakit Toronto.

4. Cat kuku
“Tidak ada bukti kuat bahwa cat kuku berbahaya selama kehamilan,” tambah Koren yang mengutip sebuah penelitian tentang perawatan kecantikan pada ibu hamil.

Namun, kebanyakan cat kuku mengandung bahan kimia berbahaya, seperti VOC dan formaldehida. Jadi Ali merekomendasikan untuk menggunakan cat kuku berbahan alami.

5. Hydroquinone
Hindari penggunaan krim pencerah wajah yang biasanya mengandung Hydroquinone. Bahan tersebut dianggap tidak aman bagi wanita hamil. Zip berkata, “Sebuah studi pada hewan menunjukkan beberapa masalah pada perkembangan janin, jadi jangan gunakan krim pencerah saat sedang hamil.”

6. Retinoid
Retinoid merupakan vitamin A derivatif yang biasa digunakan untuk mengobatan jerawat dan krim anti penuaan. Retinoid sangat tidak dianjurkan karena berpengaruh membuat cacat saat lahir.

Jika Anda mengalami masalah jerawat yang serius saat kehamilan, sebaiknya tanyakan dokter Anda tentang eritromisin oral yang lebih aman digunakan selama kehamilan. Anda juga bisa menggunakan bahan alami dalam menanggulangi jerawat.

7. Vitamin A
Vitamin A dibutuhkan oleh ibu hamil. Namun Anda tetap harus berhati-hati karena beberapa produk kecantikan menggunakan vitamin A dengan dosis tinggi. Menurut Zip, produk tersebut sudah terbukti bisa membuat bayi yang lahir mengalami cacat.

Vitamin A biasanya terkandung dalam krim kulit yang mudah didapat atau dengan menggunakan resep. Vitamin tersebut berganti nama menjadi retinoid, retinol atau tretinoin.

sumber: wolipop.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Waspadalah Blackberry Picu Keriput Wajah
  2. Rambut Rontok? Jangan Dong…
  3. Rambut Lebih Mengembang
  4. Be Young Again…
  5. Lensa Kontak
  6. Mau Langsing? Ini Rahasianya
  7. Atasi Rambut Pecah-pecah
  8. The Power Of Flower
  9. Kulit Kering Dan Komedo? No Way…
  10. Agar Minyak Wangi Awet