Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Tips Sukses Interview. Kebiasaan berpindah-pindah kerja dalam kurun waktu yang singkat dapat memberi kesan negatif terhadap calon perusahaan yang ingin Anda masuki. Sebab, perusahaan mana pun selalu menginginkan karyawan dengan loyalitas yang tinggi dan dapat berkomitmen dalam jangka waktu yang panjang.

Bagi para kutu loncat, pertanyaan seputar riwayat kerja yang banyak berpindah-pindah ini akan dilontarkan pada saat interview. Jawaban yang tepat akan membuat calon perusahaan jatuh cinta dan mau “meminang” Anda. Sementara, jika jawaban yang diberikan kurang kuat, mereka akan merasa tidak nyaman dan memutuskan menerima kandidat lainnya. Nah, apa saja jawaban terbaik yang dapat Anda berikan pada pewawancara? Kuasai trik berikut ini:

1. Awali dengan alasan yang meyakinkan. Beberapa alasan berikut ini akan diterima dengan baik oleh pewawancara, dan membuat mereka merasa bahwa Anda memang tidak punya pilihan lain, selain berpindah kerja dalam waktu singkat.

  1. Mengurus anak atau anggota keluarga yang sedang sakit
  2. Mengikuti pasangan yang ditugaskan keluar negeri
  3. Pekerjaan yang ditawarkan bukanlah pekerjaan tetap
  4. Ingin mencoba beberapa bidang hingga mengetahui bidang mana yang cocok
  5. Ingin mendapatkan tingkat kepuasan yang lebih
  6. Ingin mendapatkan tanggung-jawab yang lebih

2. Hindari menjadikan uang sebagai alasan. Jika Anda menyiratkan bahwa uang adalah hal yang memicu pindah-pindah kerja, ini akan mendatangkan tanda tanya dari pewawancara. Mereka akan berpikir, Anda akan segera pindah ke tempat lain apabila ada tawaran gaji yang lebih tinggi sedikit. Asumsi lainnya, Anda juga bukan tipe orang yang loyal terhadap perusahaan.

3. Hubungkan keputusan berpindah kerja dengan target karier. Jelaskan bahwa Anda memilih untuk pindah kerja demi mendapatkan posisi yang lebih tinggi, dengan tanggung jawab yang lebih besar. Tambahkan juga bahwa dengan keputusan ini, Anda telah berhasil mendapatkan pengalaman lebih banyak dan juga kemampuan yang lebih baik. Dengan begitu, pewawancara akan menyimpulkan bahwa berpindah-pindah kerja adalah cara Anda mendapat kemajuan dalam berkarier, bukan karena bosan atau tidak mampu berkomitmen.

4. Jelaskan visi Anda di perusahaan. Setelah memaparkan alasan Anda sering pindah kerja, tambahkan juga dengan menjelaskan apa yang Anda ingin lakukan di perusahaan itu. Kemukakan dengan logis mengapa kali ini Anda akan menetap lebih lama di perusahaan. Misalnya, karena pasangan sudah kembali ditugaskan di tanah air, sehingga Anda bisa kembali bekerja. Atau, karena Anda melihat adanya potensi berkembang yang sangat besar dan dalam jangka panjang di perusahaan tersebut.

sumber: kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Istilah yang Penting Diketahui Pelamar
  2. Penyebab Karir Mentok
  3. Inilah 10 Kesalahan Fatal Melamar Pekerjaan
  4. Anda Orang Kantoran? Berikut 5 Kesalahan Fatal Karyawan Di Kantor
  5. Inilah 8 Profesi Paling Menyenangkan di Dunia
  6. 10 Tanda, Anda Harus Mencari Pekerjaan Baru
  7. Survei: Karyawan Pindah Karena Ingin Kompensasi Lebih Tinggi
  8. Hindari 5 Perilaku Berikut Dikantor Anda
  9. Kenapa Perempuan Menganggap Kehamilan Menghambat Karier?
  10. Lowongan Pekerjaan Di PT Astra Nissan Diesel