Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Rasanya risih juga ya kalau ada teman yang menanyakan soal jumlah gaji. Masalahnya, ‘salary’ atau gaji ini kan termasuk hal yang cukup privasi. Dan kita berhak merahasiakan atau tidak menjawab pertanyaan tentang gaji. Tapi kadang-kadang ada juga lho teman kerja yang selalu ingin tahu jumlah gaji teman-temannya. Dan tipe teman yang begini, biasanya kalo bertanya agak maksa untuk mendapat jawaban. Nah bagaimana jika anda menghadapi situasi demikian?

Jika anda ditanya tentang gaji oleh teman anda, menjawab atau tidak memang hak anda. Tapi jika anda ingin menjawabnya pertimbangkan hal berikut:

Siapa yang bertanya? Kalau yang menanyakan gaji adalah sahabat anda di kantor yang anda percaya mungkin anda bisa berterus terang. Dengan catatan, anda yakin pemberitahuan gaji anda tidak akan menimbulkan masalah. Patut anda ingat, ‘buka-bukaan’ soal gaji berkemungkinan menimbulkan kecemburuan. Dikhawatirkan, jika ternyata gaji anda lebih besar, teman anda akan cemburu. Biasanya meski kecemburuan ini tidak ditunjukkan tapi bisa mempengaruhi hubungan anda berdua.

Sebaliknya jika ternyata gaji teman anda yang lebih besar, andalah yang mungkin akan cemburu. Ngaku deh, jika posisi anda dan teman anda sejajar tapi gaji anda berdua berbeda pasti anda akan berpikir, “Kenapa ya gaji saya dan dia berbeda?”. Kalau anda terus terbebani pikiran soal gaji, bisa-bisa kinerja anda terhambat.

Kemudian perhatikan apa motivasinya bertanya. Apakah sekedar ingin tahu atau ingin membandingkan gaji anda dengan gajinya atau ada maksud-maksud lain. Atau mungkin ia orang yang selalu ingin tahu urusan orang lain termasuk soal gaji.

Jika anda telah mempertimbangkan dan memutuskan untuk tidak memberitahu, katakan saja dengan nada bercanda, “gaji saya? lumayanlah buat jajan!” atau jawab saja, “rahasia doong..” kalau tidak, “ada aja!”. Atau boleh juga anda balik bertanya, “Nggak marah kan kalau saya tidak menjawab?”. Setelah itu alihkan saja pembicaraan ke topik lain. Biasanya kalau anda mengalihkan pembicaraan, ia tidak akan mendesak dan larut dalam obrolan lain.

Tapi yakin deh berapapun jumlah gaji yang diterima oleh anda dan teman anda pasti sudah benar-benar dipertimbangkan oleh perusahaan. Biasanya pertimbangan jumlah gaji ini antara lain menyangkut kualifikasi, pengalaman, dan pendidikan. Untuk seterusnya jika prestasi dan kondite anda bagus tentu akan ada peningkatan. Tentu saja peningkatan ini juga ditunjang kondisi perusahaan. Jika perusahaan terus mengalami kemajuan, otomatis penghasilan karyawannya juga ikut terdongkrak.

cdc.eng.ui.ac.id 


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Resign Dengan Bijak, Berikut Tipsnya
  2. Menembus Peluang Kerja di Luar Negeri
  3. Ngantuk Saat Dikantor? Atasi Dengan 3 Tips Berikut
  4. Istilah yang Penting Diketahui Pelamar
  5. Ciptakan Kemenangan Anda
  6. Inilah 10 Kesalahan Fatal Melamar Pekerjaan
  7. Tips Meminta Tolong di Kantor
  8. Ternyata Kencan dengan Brondong Tingkatkan Performa Kerja Wanita
  9. Trik Menghadapi Rekan Kerja Culas
  10. Inilah 10 Jurusan Kuliah dengan Lulusan Gaji Tertinggi di Dunia