Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Cerdas dan senyum adalah salah dua taktik yang dilakukan para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Namun menurut penelitian baru yang akan dimuat dalam Journal of Applied Psychology terbitan September, mengungkapkan jabat tangan erat ternyata dinilai para pewawancara lebih penting untuk menilai karakter si pelamar dibanding busana yang dipakai ataupun penampilan fisik keseluruhan.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Iowa, AS mengungkapkan para pelamar yang memiliki jabat tangan erat memiliki kesempatan lebih besar mendapatkan pekerjaan dibanding dengan pelamar yang memiliki jabat tangan lemah.

“Kami menemukan bahwa kesan pertama dimulai dengan jabat tangan yang ternyata juga menentukan keseluruhan proses wawancara,” ujar George Stewart, asisten profesor di Tippie College of Business, Universitas Iowa, AS seperti dilansir oleh Reuters. Studi yang mengumpulkan 98 mahasiswa dari Tippie College of Business untuk berpartisipasi dalam sebuah wawancara kerja dengan perwakilan perusahaan setempat. Para pewawancara akan menilai penampilan masing-masing mahasiswa secara keseluruhan dan kemampuannya sedangkan 5 orang peneliti akan melakukan penilaian terhadap jabat tangan. Kemudian nilai-nilai yang didapat akan dibandingkan.

Ternyata dari hasil penelitian tersebut para peneliti menemukan bahwa mahasiswa yang memiliki nilai tinggi dari penilai jabat tangan juga memiliki nilai tinggi oleh para pewawancara dan dinilai memiliki kepribadian hangat dan kemampuan sosialisasi. Sedangkan mahasiwa dengan jabat tangan lemah ternyata juga dinilai kurang pada kepribadiannya dan tidak terlalu memberi kesan baik. “Kami mungkin tidak secara sadar mengingat jabat tangan setiap orang dan apakah itu erat atau tidak, meski begitu jabat tangan adalahpetunjuk pertama non verbal untuk mengetahui kepribadian seseorang secara keseluruhan. Kesan itulah yang akan kami ingat,” ujar George menjelaskan. Jadi, bagaimana jabat tangan yang baik? Lakukan jabat tangan erat, sedikit ayunan naik-turun yang mantap dengan kontak mata!

conectique.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Pilih “Kolam Besar” atau “Kolam Kecil”?
  2. 4 Tips Sukses Interview
  3. Mau Kerja Di Luar Negeri? Dapatkan Informasi Lowongannya Disini!
  4. Sukses Saat Wawancara
  5. Maksimalkan Sisa Waktu Anda
  6. Cara Sederhana, Ciptakan Lingkungan Kerja yang Produktif
  7. Inilah 7 Tanda Si Bos Naksir Anda
  8. Trik Menghadapi Rekan Kerja Culas
  9. Tips Memilih Hadiah Untuk Atasan
  10. 65 Persen Karyawan Pengguna Social Networking, Jauh Lebih Efisien