Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Resep Masakan dan Lifestyle – Tidak bisa dipungkiri, biaya pendidikan tidaklah murah. Kadang-kadang orang tua sampai meminjam uang untuk membiayai anaknya demi mendapat segulung ijazah yang menjadi penentu perjalanan karier di masa depan.

Namun, saban hari kita disuguhi dengan berita lulusan sarjana yang menganggur dan gagal mendapat pekerjaan.

Jadi pertanyaannya, apakah investasi jutaan bahkan ratusan itu layak meskipun tidak ada jaminan mendapat pekerjaan setelah lulus?

Kalau sudah begitu, calon mahasiswa perlu bersikap bijak dan berpikiran luas dalam memilih program studi di universitas. Sehingga kualifikasi mereka kelak sesuai dengan kebutuhan industri.

Berikut adalah daftar 10 bidang studi yang memiliki tingkat gaji tertinggi di dunia dan dijamin segera mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah, termasuk persentase peluang mendapatkan pekerjaan.

1. Dokter dan Dokter Gigi (94,7%)
Dengan biaya studi paling mahal selama 4 tahun, bidang studi kedokteran dan dokter gigi menjanjikan peluang pekerjaan hampir 95% setelah mahasiswa lulus kuliah.

Prospek karier: dokter, ahli bedah dan dokter gigi.

2. Dokter Hewan (85,3%)
Tempat kedua adalah bidang perawatan kesehatan hewan. Meskipun sebelumnya bidang kedokteran hewan banyak memicu debat dan kontroversi lebih-lebih dengan isu dokter Muslim dan hewan yang najis untuk disentuh. Namun kesadaran yang semakin meningkat terhadap nilai kasih sayang kepada hewan menaikkan popularitas program studi ini.

Prospek karier: Dokter hewan, ahli biologi hewan dan peneliti perusahaan farmasi hewan.

3. Jurusan Terkait Kedokteran (79,8%)
Studi yang mencakup studi kesehatan fisik secara holistik ini difokuskan pada cabang-cabang dalam bidang pengobatan dan kedokteran.

Prospek karier: Psikolog, fisioterapis dan ahli anaestetik.

4. Arsitektur, Konstruksi dan Perencanaan (71,3%)
Kuliah jurusan ini unik karena menggabungkan kedua bidang ilmu sains dan kemanusiaan. Bahkan bidang ini memberi kontribusi langsung terhadap pembentukan lingkungan manusia seperti konstruksi bangunan dan perencanaan sebuah pemukiman.

Prospek karier: Arsitek, juru gambar teknik dan perencana kota.

5. Teknik dan Teknologi (62,8%)
Umumnya, bidang ini memiliki banyak persamaan dengan jurusan nomor 4. Karena bidang studi ini merupakan anggota bidang teknologi rekayasa yang sering bertanggung jawab untuk desain dan pengembangan.

Lulusan teknologi rekayasa dapat bekerja di industri besar seperti produksi, konstruksi, industri, pemeliharaan, dan manajemen.

Prospek karier: Desainer produk, pengembangan sistem, insinyur, operator teknis dan kontrol kualitas.

6. Ilmu Komputer (59,1%)
Ilmu komputer umumnya adalah pengkajian perhitungan dan pengolahan informasi, apakah dari segi hardware maupun software, sesuai dengan zaman yang semakin berkembang.

Prospek karier: Programmer, eksekutif IT, desainer grafis dan multimedia, animator dan teknisi jaringan.

7. Pendidikan (59,1%)
Gelar ini cocok untuk mereka yang tertarik dalam bidang psikologi dan sosiologi pendidikan manusia. Selain itu, kursus ini turut meningkatkan kesadaran tentang peran perkembangan kognitif, fisik, emosi, kreativitas, bahasa dan estetika manusia.

Prospek karier: Guru, asisten peneliti dari LSM, pendidik pribadi.

8. Studi Bisnis (49%)
Jurusan melahirkan lulusan keterampilan administrasi, manajemen sumber daya manusia, akuntansi, keuangan, pemasaran, asuransi, perbankan dan juga kewirausahaan.

Prospek karier: Asisten pejabat investasi, asisten pegawai operasional, pengusaha dan agen asuransi.

9. Ilmu Matematika (47,1%)
Bidang ini berhubungan dengan matematika dan statistik serta mengolah kemampuan untuk menggunakan teknik dan metode kuantitatif yang tepat untuk melakukan analisis, penelitian, perkiraan dan perencanaan dalam lingkungan industri.

Prospek karier: Peneliti statistik, eksekutif kontrol mutu, analisa bisnis dan eksekutif bank.

10. Studi Sosial (44,9%)
Satu bidang atau disiplin ilmu yang mempelajari struktur dan sifat-sifat kelompok manusia. Jangan lupa, bidang ini sebenarnya mencakup cabang-cabang ilmu yang luas seperti geografi, ekonomi, ilmu politik dan sosiologi.

Prospek karier: Pakar kriminologi, penjaga arsip sejarah, analisa pemasaran dan dosen.

(Sumber: mynewshub.cc, dream.co.id


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Kerja dari Rumah, Enak nggak sih?
  2. Hal-hal Sepele Yang Membahayakan Karier
  3. Inilah 8 Profesi Paling Menyenangkan di Dunia
  4. Jauhi Sifat Buruk Penghambat Karir
  5. Tips Memilih Hadiah Untuk Atasan
  6. Info Lowongan Pekerjaan Part Time / Paruh Waktu
  7. Tips Menghadapi Klien Menyebalkan
  8. Penyebab Karir Mentok
  9. 7 Kesalahan Dalam Mengejar Karir
  10. Jaringan Online Makin Dipercaya untuk Cari Kerja