Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Meski anda sudah sering mengirim surat lamaran pekerjaan, mungkin ada beberapa istilah yang belum anda mengerti yang biasa dijumpai dalam proses melamar dan rekruitment. Untuk itu anda perlu mengetahui makna istilah tersebut agar mudah mengartikannya dan nggak bingung lagi. Berikut ini adalah beberapa istilah yang harus diketahui pelamar:

* Resume : Surat lamaran pekerjaan dari pelamar kepada perusahaan. Biasanya berupa ringkasan maksud dan tujuan melamar. Surat ini umumnya disertai CV dan berkas lamaran seperti pas photo, foto kopi ijazah pendidikan terakhir dan referensi pengalaman kerja.

* Curriculum Vitae atau disingkat CV: Daftar riwayat hidup pelamar yang berisi tentang data pribadi, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, status, agama, alamat, dll. Di bawah data pribadi tercantum riwayat pendidikan (mulai SD sampai pendidikan terakhir), kursus atau pendidikan non-formal serta pengalaman kerja.

* Application: Formulir atau surat isian yang berisi keterangan pengalaman pekerjaan dan pendidikan anda.

* Apprenticenship: Periode on the job training atau masa belajar suatu keahlian. Biasanya dalam periode ini karyawan sudah dibayar. Waktunya bisa berlangsung beberapa bulan sampai setahun. Periode ini biasanya merupakan bagian dari kerja full time.

* Cover letter: Surat perkenalan atau keterangan mengenai ketertarikan terhadap bidang pekerjaan tertentu. Biasanya dikirim bersama resume.

* Cold Call: Telepon dari pelamar untuk wakil perusahaan yang belum dikenalnya. Telepon ini cukup efektif jika disertai pengiriman resume dan terus melakukan follow up.

Astaga 


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Facebook Mampu Tingkatkan Produktivitas Kerja, Kombes.Com Apalagi!
  2. Ternyata Orang Yang Suka Begadang Dan Bangun Siang Lebih Sukses Karirnya
  3. Ingin Naik Gaji? Pelajari Caranya!
  4. Jauhi Sifat Buruk Penghambat Karir
  5. Kerja dari Rumah, Enak nggak sih?
  6. Survei: Karyawan Pindah Karena Ingin Kompensasi Lebih Tinggi
  7. Rahasia Sukses Wanita Bergaji Besar
  8. Mau Keliling Dunia Gratis? Pilih Profesi Berikut
  9. Maksimalkan Sisa Waktu Anda
  10. 5 Alasan Menolak Tawaran Kerja