Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Meski anda sudah sering mengirim surat lamaran pekerjaan, mungkin ada beberapa istilah yang belum anda mengerti yang biasa dijumpai dalam proses melamar dan rekruitment. Untuk itu anda perlu mengetahui makna istilah tersebut agar mudah mengartikannya dan nggak bingung lagi. Berikut ini adalah beberapa istilah yang harus diketahui pelamar:

* Resume : Surat lamaran pekerjaan dari pelamar kepada perusahaan. Biasanya berupa ringkasan maksud dan tujuan melamar. Surat ini umumnya disertai CV dan berkas lamaran seperti pas photo, foto kopi ijazah pendidikan terakhir dan referensi pengalaman kerja.

* Curriculum Vitae atau disingkat CV: Daftar riwayat hidup pelamar yang berisi tentang data pribadi, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, status, agama, alamat, dll. Di bawah data pribadi tercantum riwayat pendidikan (mulai SD sampai pendidikan terakhir), kursus atau pendidikan non-formal serta pengalaman kerja.

* Application: Formulir atau surat isian yang berisi keterangan pengalaman pekerjaan dan pendidikan anda.

* Apprenticenship: Periode on the job training atau masa belajar suatu keahlian. Biasanya dalam periode ini karyawan sudah dibayar. Waktunya bisa berlangsung beberapa bulan sampai setahun. Periode ini biasanya merupakan bagian dari kerja full time.

* Cover letter: Surat perkenalan atau keterangan mengenai ketertarikan terhadap bidang pekerjaan tertentu. Biasanya dikirim bersama resume.

* Cold Call: Telepon dari pelamar untuk wakil perusahaan yang belum dikenalnya. Telepon ini cukup efektif jika disertai pengiriman resume dan terus melakukan follow up.

Astaga 


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 7 Tanda Si Bos Naksir Anda
  2. 4 Cara Bangkitkan Percaya Diri Untuk Menjadi Seorang Pimpinan
  3. 10 Profesi Idaman Kaum Perempuan
  4. Anda Orang Kantoran? Berikut 5 Kesalahan Fatal Karyawan Di Kantor
  5. Menembus Peluang Kerja di Luar Negeri
  6. 15 Ciri Pria Berbakat Kaya
  7. Info Lowongan Pekerjaan Part Time / Paruh Waktu
  8. Kebiasaan Menunda-nunda ? Hilangkan Dengan 6 Cara Berikut
  9. Sukses Saat Wawancara
  10. Tampil Oke Saat Wawancara