Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Ini kabar gembira bagi para pencari kerja dari “generasi internet”. Banyak kaum eksekutif kini semakin percaya bahwa situs-situs jaringan profesional di internet memiliki kekuatan yang bisa membantu perusahaan dalam proses pencarian tenaga kerja yang potensial.

Demikian menurut hasil survei yang dilakukan oleh lembaga rekrutmen Robert Half International (RHI) yang berpusat di Kalifornia. Survei dilakukan di Kanada dan AS dan menemukan bahwa dalam tahun-tahun mendatang, situs-situs jaringan di internet akan semakin berguna.

Oleh karenanya, RHI menyarankan kepada para pencari kerja agar “masuk” ke dalam jaringan online untuk memuluskan jalan dalam proses pencarian pekerjaan.

“Situs-situs jaringan bisa digunakan untuk mencari kesempatan-kesempatan karir baru, buatlah profil online yang menonjolkan salah satu keterampilan dan pengalaman dan bangunlah jaringan kontak-kontak bisnis terus-menerus,” seru CEO RHI Max Messmer yang juga menulis buku Job Hunting for Dummies.

Diungkapkan, dari 100 eksekutif senior di Kanada yang diwawancarai, 67% percaya bahwa situs-situs jaringan profesional –seperti LinkedIn– sangat berguna untuk mendukung proses rekrutmen karyawan baru. Dan, 25% menyebut situs-situs jaringan sosial, seperti Facebook, juga tak kalah berguna.

Para eksekutif itu disodori pertanyaan, “Perangkat teknologi apa yang Anda percaya akan sangat bermanfaat untuk mendukung rekrutmen di perusahaan Anda dalam tiga tahun ke depan?”

Di AS, 150 eksekutif senior memberikan jawaban yang hampir mirip dengan survei yang dilakukan di Kanada, dengan proporsi 62% menyebutkan situs-situs jaringan profesional, dan 35% menyebut situs-situs jaringan sosial.

Namun, meskipun jaringan online semakin memainkan peran dalam membantu orang mencari pekerjaan, Messmer tetap menyarankan agar metode-metode tradisional tidak lantas ditinggalkan begitu saja.

“Cobalah semua cara. Bagaimana pun melamar dengan resume tertulis yang dikirim lewat surat, dna tatap muka langsung dengan manajer hiring masih penting untuk mencari pekerjaan yang ideal,” ujar dia.

Sedangkan, untuk memaksimalkan jalur online, RHI menyarankan agar para pencari kerja:

  • menuliskan profil secara hati-hati
  • meminta rekomendasi
  • membangun daftar kontak bisnis
  • jangan mem-posting sesuatu yang bersifat rahasia (pribadi)
  • jangan berhenti membangun networking setelah berhasil mendapatkan pekerjaan.

portalhr.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Jauhi Sifat Buruk Penghambat Karir
  2. Tips Menjadi Workaholic yang Sehat
  3. Mau Keliling Dunia Gratis? Pilih Profesi Berikut
  4. Tips Sukses Dirumah dan Dikantor
  5. 10 Profesi Idaman Kaum Perempuan
  6. 10 Tanda, Anda Harus Mencari Pekerjaan Baru
  7. Kenapa Perempuan Menganggap Kehamilan Menghambat Karier?
  8. Tips Agar Surat Lamaran Anda Dibaca HRD
  9. Sukses Saat Wawancara
  10. Facebook Mampu Tingkatkan Produktivitas Kerja, Kombes.Com Apalagi!