Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Perilaku Anda akan mempengaruhi karir Anda . Nah, kalau perilaku baik, karir kita juga akan naik, sebaliknya kalau buruk, yah akan menghambat, bahkan menghancurkan juga. Makanya, jauhi beberapa ‘sifat buruk’ penghambat karir itu. Karena, selain kemampuan dalam bekerja, ‘personality’ juga mempengaruhi sukses tidaknya anda dalam berkarir. Di bawah ini adalah daftar sifat buruk yang harus anda hindari di kantor:

Iri hati
Sifat ini merupakan refleksi ‘kecemburuan’ anda terhadap kelebihan orang lain. Misalnya iri ketika rekan yang lain mendapatkan promosi jabatan sementara anda tidak. Iri teman anda memperoleh kenaikan gaji, padahal anda tidak, dll. Tetapi sifat iri hati ini bisa menjadi positif, jika anda jadikan cambuk untuk lebih maju dan berhasil dari orang lain. Dengan catatan, jalan yang ditempuh pun harus positif.

Malas

Sifat malas dapat menyerang siapa saja, laki-laki, perempuan, tua muda, anak buah atau boss. Tetapi kalau sifat malas ini dibiarkan, akan menyebabkan kerugian besar pada diri anda. Sifat malas di tempat kerja membuat anda lebih sering menunda-nunda pekerjaan daripada menyegerakannya. Akibatnya anda akan kehilangan kesempatan berharga untuk berkarya dan maju. Seandainya ada waktu untuk bermalas-malasan, manfaatkan untuk mereview dan merencanakan apa yang sebaiknya anda lakukan.

Rakus

Sifat ‘rakus’ membuat anda ingin memiliki semua yang anda inginkan, baik materi maupun kedudukan/ jabatan. Anda selalu ingin mengerjakan semua tugas-tugas penting di kantor. Bahkan pekerjaan yang semestinya bukan untuk andapun akan anda kerjakan demi ambisi anda. Biasanya sifat ini didasari oleh ‘ego’ bahwa anda ingin menonjol sendiri di tempat kerja. Akibatnya anda bahkan sudah tidak bisa membedakan mana pekerjaan yang harus anda lakukan dan mana yang bukan. Kerakusan yang lain adalah dalam hal materi. Anda ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari pekerjaan, agar dapat memiliki materi yang banyak. Kalau salah langkah, bisa-bisa anda melakukan korupsi.

Marah
Marah yang berlebihan dapat merusak hubungan kerja yang stabil dan membuat emosi anda kacau balau. Tentu saja kondisi ini akan menyebabkan pekerjaan anda terganggu. Tetapi kalau memang anda harus marah di kantor, jangan takut untuk mengeluarkan amarah. Tetapi sebisa mungkin hindari orang- orang yang dapat memancing amarah dan memperkeruh keadaan. Yang penting, tindaklanjuti amarah anda dengan hal positif. Pendek kata kemarahan anda jangan sampai mengganggu pekerjaan. Dan juga tetap bersikap profesional dengan tidak mencampuradukkan kemarahan pribadi ke dalam pekerjaan. Sehingga hubungan kerja anda dan rekan-rekan di kantor tetap aman dan damai.

Terlalu bangga

Bangga terhadap prestasi yang anda raih memang wajar dan semestinya. Lagipula anda pasti membutuhkan ‘pengakuan’ atas prestasi dan kemampuan anda. Tetapi jangan sampai kebanggaan anda ini terlalu sering digembar-gemborkan. Tanpa perlu anda umumkan, teman-teman anda tentu sudah tahu kalau anda memiliki ‘nilai lebih’. ‘Pengumuman’ yang berlebihan atas prestasi anda, bukannya membuat rekan anda kagum, sebaliknya justru akan membuat rekan anda sebal. Dengan sikap ‘low profile’, rekan-rekan anda akan semakin menghargai anda.

Kalau anda sudah sadar bahwa sifat-sifat buruk di atas lebih banyak merugikan, sudah seharusnya anda menanggalkannya.

Astaga 


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Content Porno di Jam Kerja Sebabkan Masalah Serius
  2. Inilah 7 Tanda Si Bos Naksir Anda
  3. Tips Membuat CV Online
  4. Tips Agar Surat Lamaran Anda Dibaca HRD
  5. Pemimpin Perempuan Makin Berkurang
  6. Anda Termasuk Tipe Mana? Enam Belas Tipe Manajer
  7. Info Lowongan Pekerjaan Part Time / Paruh Waktu
  8. Ciptakan Kemenangan Anda
  9. Maksimalkan Sisa Waktu Anda
  10. Menembus Peluang Kerja di Luar Negeri