Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Pensiun dini adalah keputusan besar yang bisa diambil oleh siapa saja yang menghendakinya. Tentunya diperlukan pertimbangan yang matang untuk memutuskan mengambil pensiun dini, seperti persiapan psikologis, mental spiritual, kesehatan dan yang paling penting adalah finansial. Anda tidak mungkin mengambil keputusan pensiun dini dikala keluarga masih membutuhkan bantuan finansial Anda dan Anda belum dapat bayangan apa yang akan Anda lakukan sesudahnya kan?

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu menjadi pertimbangan:

~ Menabung
Menabung sebelum masa pensiun adalah investasi jangka panjang untuk kelangsungan hidup Anda dan keluarga, dan tentukan target yang realistis dalam menentukan berapa jumlah dana yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan hidup bersama.

~ Asuransi
Untuk proteksi Anda sekeluarga, asuransi kesehatan merupakan hal yang wajib. Anda harus ingat, sebanyak apapun dana pensiun yang Anda miliki belum tentu dapat menutupi kebutuhan pengeluaran kesehatan yang jumlahnya tak sedikit. Oleh karena itu asuransikanalah kesehatan Anda dan keluarga.

~ Jaga Kesehatan
Hindari diri Anda dari stress agar hidup terasa lebih bahagia dan bergairah. Pensiun artinya akan banyak waktu yang dihabiskan di rumah terutama jika Anda betul-betul menjadi full time mother. Jika Anda tidak terbiasa dengan hal itu, bukan tidak mungkin Anda akan dihinggapi perasaan tertekan yang dapat mengakibatkan stress.

~ Investasi Dini
Apapun bentuknya, investasi dapat menjadi solusi untuk kehidupan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, putarlah uang yang Anda miliki sekarang agar terus berputar dan tidak akan habis.

~ Pindah ke Lingkungan yang Lebih Murah
Pindah dan menetap di tempat yang biaya hidupnya lebih murah dapat menjadi pilihan. Pasalnya kedaan yang seperti itu dapat meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjangan usia.

sumber: astaga.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 3 Cara Ajarkan Anak tentang Keuangan
  2. Tenyata Perempuan Lebih OK Dalam Berbisnis
  3. Hati – Hati Dengan Sistem Bisnis MLM Dengan Skema Piramida
  4. Apa itu Kombes Advertisers? Beriklan Dengan Sistem Pay Per Click
  5. Belanja Online Lebih Menguntungkan! 6 Keuntungannya?
  6. Berikut Daftar 50 Waralaba, Dengan Investasi Terjangkau
  7. Inilah 6 Tips Hemat Belanja Untuk Lebaran
  8. Inilah 5 Cara Mudah Hasilkan Uang Dari Internet
  9. Paypal, Withdraw ke rekening Bank lokal Indonesia
  10. Mau Buka Bisnis Makanan?