Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Jumlah pegawai perempuan dengan jabatan tertinggi di perusahaan Australia, mengalami penurunan secara drastis dalam dua tahun belakangan ini. Menurut survei yang dipublikasikan selasa kemarin, hanya empat orang perempuan yang berhasil menjabat sebagai pemimpin perusahaan dari 200 firma terkemuka di sana.

Dibanding dari hasil sebelumnya yang mencapai kisaran 12 persen, hasil survei kali ini menunjukan tingkat penurunan yang tajam hingga 10.7 persen.

Berdasarkan hasil sensus yang dilakukan oleh Equal Opportunity for Women in the Workplace Agency, ditemukan jumlah perusahaan yang tidak memiliki manager perempuan semakin meningkat 45.5 persen, padahal data di tahun 2006 hanya berkisar 39.5 persen.

Sementara hanya 54.5 persen perusahaan di Australia yang pemimpin tertingginya dijabat oleh perempuan. Ini berbanding jauh dengan perusahaan di Amerika yang 85.2 persen jabatan tertingginya diduduki oleh Perempuan. Begitu pula di Kanada yang mencapai 65.6 persen, Inggris 60 persen dan Afrika Selatan sebanyak 59.3 persen perempuan menjadi salah satu pemimpin perusahaan.

Bahkan pada saat penelitian dilakukan, hanya ada empat orang perempuan yang memimpin perusahaan di Australia. Sementara atasan laki-laki lebih mendominasi, jauh melebih jumlah atasan perempuan dengan presentase sepuluh banding satu.

Menurut Anna McPhe, peneliti yang memublikasikan hasil survei, minimnya pemimpin perempuan dalam dunia bisnis, adalah karena kurangnya kesempatan yang diberikan dan ditambah benturan budaya yang sedikit menghambat.

Meskipun demikian hal tersebut tidak menghentikan langkah perempuan untuk meningkatkan pendidikan, pengalaman dan ambisi untuk menjadi bagian dari orang-orang yang memberi pengaruh besar pada masa depan Australia. Namun sayangnya, menurut Anna, semua itu tidak banyak berpengaruh karena makin banyak saja pegawai perempuan yang dibayar dengan upah kecil dan status yang rendah pula.

Bagaimana dengan di Indonesia? Apakah bias gender masih berlaku sehingga keberadaan perempuan di kancah bisnis masih belum bisa diperhitungkan?

sumber: conectique.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Apa itu Global Positioning System?
  2. Inilah 12 Makanan Yang Menyebabkan Kenaikan Berat Badan
  3. Apa Hewan Peliharaan Anda? Pemilik Kucing Lebih Pintar dari Pemilik Anjing
  4. Makanan Pembuat Hati Ceria
  5. Mengubah Sel Kanker Menjadi Sel Normal
  6. Gizi Petai Sekelas Apel
  7. Shampo & Lotion Dapat Matikan Sel Otak!
  8. Miastenia Gravis (Myasthenia Gravis/MG), Penyakit Langka!
  9. Perempuan Normal Cendrung Berubah Menjadi Lesbian Di Umur 30an
  10. Hobby yang Menghasilkan Uang