Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Saat dipanggil untuk wawancara pekerjaan, anda pasti diberi kesempatan untuk bertanya. Sebaiknya hati-hatilah dalam mengajukan suatu pertanyaan karena dari pertanyaan tersebut bisa diketahui kualitas dan daya kritis anda. Hal ini merupakan bagian dari penilaian terhadap diri anda secara keseluruhan. Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak ada tanyakan dalam wawancara tersebut, simak berikut ini.

Bila anda menanyakan, kapan bisa memulai bekerja di perusahaan tersebut, maka akan memberi kesan bahwa anda terlalu yakin akan diterima. Sebelum mereka membicarakannya, jangan menanyakan hal ini. Apabila anda ingin mengetahui hal ini, sebaiknya gunakan kalimat yang lebih halus, dengan mengatakan kapan anda bisa mengetahui keputusan penerimaan.

Hindari menanyakan tentang gaji yang akan anda terima dan berapa lama jenjang waktu kenaikan gaji. Jangan menanyakan penghasilan sebelum pihak pewawancara menyinggung hal ini. Karena bila anda menanyakan hal ini, akan memberi kesan bahwa motivasi anda bekerja hanya karena uang. Jadi tahan keinginan untuk menanyakan hal ini sampai mereka membicarakannya.

Jangan menanyakan fasilitas apa yang akan diberikan perusahaan kepada anda terlebih dahulu. Karena pertanyaan ini mengesankan bahwa anda ingin dimanjakan oleh fasilitas. Akan lebih baik jika anda mengajukan pertanyaan ini, setelah mengetahui bahwa anda telah diterima di perusahaan tersebut.

Jenis pertanyaan berapa lama anda mendapat hak cuti di perusahaan tersebut, hanya akan membuat anda terkesan malas. Akan lebih baik jika anda menanyakan, bagaimana kebijakan waktu kerja dan libur di perusahaan tersebut.

Menanyakan berapa nomer ponsel si pewawancara agar anda bisa menghubungi untuk mengetahui kabar keputusan, sudah pasti hal ini tidak sopan. Karena memberikan kesan bahwa anda mencampur adukkan masalah pekerjaan dengan waktu pribadi si pewawancara. Apabila anda ingin mengetahui kabar keputusan, sebaiknya tanyakan saja telepon perusahaan yang bisa anda hubungi.

Apabila anda mengajukan pertanyaan yang lebih berbobot maka menandakan bahwa anda sudah berusaha memberi kesan profesional, kritis tanpa terkesan mengetahui segalanya. Akan lebih baik jika anda gunakan intelegensia dan pemikiran rasional saat ingin mengetahui sesuatu hal di perusahaan tersebut. Semoga berhasil. twp

perempuan.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Lowongan Pekerjaan Di PT Astra Nissan Diesel
  2. Kenapa Perempuan Menganggap Kehamilan Menghambat Karier?
  3. Tips menjawab 18 pertanyaan tersulit wawancara pekerjaan.
  4. Cara “Menolak” Perintah Atasan
  5. Hindari PHK Dengan 8 Cara Jitu
  6. Berniat Mengajukan Kenaikan Gaji? Inilah 3 Tips Meminta Kenaikan Gaji
  7. Jauhi Sifat Buruk Penghambat Karir
  8. Tips Membuat Resume
  9. Tips Meminta Tolong di Kantor
  10. Bila Teman Tanya ‘Salary’