Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Apa yang menjadi pertimbangan utama tetap bertahan di perusahaan sekarang hingga kurun puluhan tahun? Sementara teman yang lain sibuk jadi ‘kutu loncat’ Anda tampaknya tak punya keinginan untuk pindah pekerjaan.

Survei terbaru yang dilakukan WorkAsia 2007/2008 yang dilakukan oleh konsultan sumber daya manusia, Watson Wyatt, terhadap opini dan perilaku karyawan di 11 negara Asia Pasifik termasuk Indonesia menyimpulkan pendorong utama keterikatan karyawan adalah fokus kepada pelanggan, kompensasi dan benefit serta komunikasi.
Lilis Halim, Managing Consultant Watson Wyatt dalam konferensi pers beberapa waktu lalu menyatakan karyawan yang tingkat keterikatannya tinggi terhadap perusahaan akan mengambil tanggung jawab dan fokus terhadap kontribusi mengenai sasaran perusahaan serta loyalitas mereka yang lebih besar. Dengan demikian perusahaan tempat mereka bekerja menikmati tingkat retensi yang lebih tinggi, sehingga biaya pelatihan dan rekrutmen menjadi lebih rendah. ada saat yang sama. hal itu berarti meningkatkan produktivitas perusahaan.

Di Indonesia, survei tersebut diikuti 370 responden dengan menggunakan teknik quick count yang mampu merepresentasikan kondisi yang sebenarnya. Berdasar hasil survei, di Indonesia hal yang mendorong keterikatan karyawan adalah tiga hal yang disebut di atas. Hasil ini tak beda dengan 10 negara lain yang juga disurvei.

Lilis menjelaskan bahwa karyawan di Indonesia merasa sudah memahami apa yang menjadi tugas dan pekerjaannya, serta melihat bahwa perusahaannya sudah mengutamakan fokus kepada pelanggan.
Selanjutnya Lilis mengungkapkan tingkat keterikatan karyawan di Indonesia (64%) hampir sama dengan karyawan di negara tetangga, bahkan di Australia (65%), Cina (67%) dan Hongkong (68%) dengan perbedaan tipis.

Namun mayoritas karyawan di Indonesia rendah tingkat kepuasannya terhadap kompensasi dan benefit yang mereka terima dari perusahaan (51%). Demikian juga halnya dengan komunikasi dengan manajemen, karyawan Indonesia belum begitu puas. Sehingga hal-hal yang menyebabkan alasan terbesar bagi karyawan untuk pindah ke perusahaan lain adalah tawaran paket kompensasi yang lebih baik, meskipun hasil survei menunjukkan bahwa kesempatan karir yang lebih baik merupakan alasan tertinggi.

Ketidakpuasan yang dinyatakan karyawan terhadap perusahaan, berlaku untuk semua negara Asia Pasifik. Di sisi lain, ketidakpuasan itu paling dirasakan pada umumnya oleh karyawan yang tingkat keterikatannya rendah, sementara di kalangan karyawan yang tingkat keterikatannya tinggi, tingkat kepuasan atas kompensasi dan benefit dan komunikasi lebih tinggi.


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 6 Kesalahan Saat Menyusun CV
  2. Anda Orang Kantoran? Berikut 5 Kesalahan Fatal Karyawan Di Kantor
  3. Hindari PHK Dengan 8 Cara Jitu
  4. Tips Memilih Hadiah Untuk Atasan
  5. Bila Teman Tanya ‘Salary’
  6. Info Lowongan Pekerjaan Part Time / Paruh Waktu
  7. 5 Hal, Yang Membuat Pembicaraan Anda Tidak Didengarkan
  8. Inilah 10 Jurusan Kuliah dengan Lulusan Gaji Tertinggi di Dunia
  9. Inilah 10 Tempat Kerja Terbaik di Dunia
  10. Karir Finansial Jalur Terbaik ke Kursi CEO