Pulpen Promosi


Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :



“Aku punya rak TV baru, lho, Jeng Neni. Bagus, deh, kantilever gitu,” pamer seorang ibu kepada tetangganya.
“Lho, bukannya kantilever itu pergola ya?” kata sang tetangga kebingungan.

Isitilah kantilever memang sering digunakan pada pergola. Pergola yang berdiri tanpa tiang dan hanya menggunakan tali baja sebagai penariknya, itu yang sering disebut pergola kantilever.

Sebenarnya, kantilever itu bukan monopoli pergola saja. Kantilever itu sendiri berarti suatu struktur yang tumpuannya hanya pada satu sisi. Karena tak ada tiang yang menumpu, benda yang menggunakan struktur ini terlihat seperti melayang atau menggantung. Prinsip kantilever bisa diterapkan dalam berbagai hal, misalnya saja dalam membuat balkon.

Furnitur Juga Ikutan
Prinsip kantilver ini sering juga diterapkan pada furnitur rumah. Contohnya saja pada rak-rak pajang yang ditempel di dinding. Rak pajangan ini ditopang hanya oleh besi siku yang disekrup ke dinding. Atau, karena ingin tampil “bersih” tanpa terlihat strukturnya, besi siku ditiadakan dan diganti dengan pasak besi yang ditanam ke dalam dinding.

Kini bukan hanya rak pajang yang dibuat menggantung. Rak TV atau meja sudut pun tak mau ketinggalan dengan mode ini. Selain bisa terlihat beda, tak adanya kaki penopang membuat furnitur kantilever jadi tampak langsing, ringan, dan tak memenuhi ruangan.

Rak TV yang Tampil Ringan
Karena letaknya di bawah garis penglihatan alias di bawah mata, strukturnya tak mesti disembunyikan. Toh, orang yang duduk di sofa di seberangnya tak akan melihat bagian bawah rak ini.

Karenanya, untuk menopang rak digunakan rangka besi berbentuk persegi panjang. Rangka cukup berada di 1/3 bagian tengah rak, sedangkan sisanya dibiarkan menggantung bebas.

Simpel di Ruang Terbatas
Meja rias yang menggantung bisa jadi perabot yang tepat untuk kamar tidur berukuran kecil. Contohnya meja rias yang satu ini. Karena ruang yang ada sangat terbatas, meja diletakkan persis di sebelah tempat tidur. Bentuknya dibuat simpel, hanya persegi panjang seperti rak pajang biasa, dengan ukuran yang lebih lebar.

Karena bagian bawah rak bisa terlihat dari tempat tidur, rangkanya mesti “dihilangkan”. Stukturnya sama dengan rak TV, yaitu menggunakan rangka persegi panjang dari besi. Untuk menyembunyikan rangka, di bagian bawah rak dibuat semacam ceruk.

Memodifikasi Rak Gantung
Rak pajang gantung terlihat biasa? Eits, tunggu dulu. Anda bisa membuat rak pajang itu jadi tidak biasa dengan menambahkan latar belakang. Contohnya dapat dilihat berikut ini. Tiga buah rak gantung ini bentuknya biasa saja, tapi jadi berbeda ketika ada sesuatu di belakangnya.

Latar belakang itu dapat Anda buat dari kayu dengan warna yang sama, atau bisa juga dengan menggunakan bantalan yang dilapis kain. Selain itu, si latar belakang ini dapat juga berfungsi lain, misalnya sebagai tempat memasang penggantung.

Rahma Yulianti – Tabloid Rumah

Sela waktu dikantor, isi dengan berTrading Forex di Marketiva

1. Membuka Account Gratis. Daftar Disini!
2. Mendapat $5 Gratis.
3. Hanya dengan $1 sudah bisa bertrading.
4. Keamanan yang cukup bagus.
5. Memperoleh Software untuk bertrading secara real time.
6. Tersedia support berbahasa melayu.
7. Mendapatkan uang virtual, untuk latihan trading.

Tutorial 1 | Tutorial 2 | Tutorial 3 | Tutorial 4 | Tutorial 5
Tutorial 6 | Tutorial 7 | Tutorial 8 | Tutorial 9 | Tutorial 10

Download Ebook Gratis


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Bosan Rumput? Pakai Kucai atau Sutra Bombay
  2. Punya Dapur Sempit? Agar Tampak Lebih Luas Siasati Dengan 11 Tips Berikut
  3. Agar Rumah tidak Panas
  4. Inilah 8 Tips Tepat Memilih Furnitur
  5. Nuansa Hitam Putih di Kamar Mandi
  6. Inilah 9 Tips Mendekorasi Ruangan Kecil
  7. Seribu Cara Tumpas si Pemakan Kayu (Rayap)
  8. Bermain Gaya Jadul di Rumah Mungil
  9. Aneka Gaya Furniture Kantilever
  10. Membuat Sendiri Lampu Hias Eksotik, Lighting dari Bambu