Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Resep Masakan dan Lifestyle – Siapa yang tak memiliki kemeja putih di dalam lemari? Benda yang satu ini adalah atribut wajib punya bagi pria maupun wanita karena tak pernah tergerus oleh tren dan mudah dipadankan dengan apa saja. Selain itu, kemeja putih juga dapat dikenakan untuk berbagai acara, baik formal maupun informal. Hal ini membuat kemeja putih menjadi pakaian yang sering masuk ke dalam mesin cuci Anda. Akibatnya, tak jarang kemeja yang tadinya bersih cemerlang berubah menjadi kusam dan tak menarik.

Namun, menjaga kemeja Anda agar tetap seperti warna asalnya bukanlah hal yang mudah. Penyebab utama kemeja putih berubah warna menjadi kekuningan atau keabu-abuan adalah cara mencucinya. Dilansir oleh wikihow.com,berikut langkah-langkah tepat untuk menjaga kondisi kemeja putih tetap sama seperti saat Anda membelinya.

Pisahkan kemeja putih dengan pakaian berwarna
Menggabungkan kemeja putih dengan pakaian berwarna akan menimbulkan terjadinya transfer warna. Meskipun tidak terjadi kelunturan, kemeja putih akan berubah lebih gelap saat dicuci bersama dengan pakaian yang lebih gelap.

Pisahkan sesama kemeja putih sesuai dengan bahan
Jenis bahan kemeja putih Anda juga perlu dipertimbangkan saat Anda mencucinya. Kemeja putih dengan bahan acetates dan acrylics dapat dicuci bersamaan, demikian pula dengan bahan linen dan katun. Sedangkan kemeja putih berbahan wool dan bahan lain yang lebih halus sebaiknya dicuci terpisah dengan tangan.

Bersihkan noda terlebih dahulu
Jika terdapat noda pada kemeja putih Anda, sebaiknya diatasi dahulu sebelum dicuci. Hal ini akan memastikan bahwa noda tersebut sudah hilang sebelum proses pencucian. Gunakan detergen khusus pakaian putih yang dijual di pasaran, terutama yang mengandung enzyme atau oxygen bleach. Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan rumahan seperti sabun cuci piring atau sampo bening yang diaplikasikan langsung pada noda. Coba juga gunakan deterjen biasa pada noda sambil digosok secara perlahan dengan sikat gigi. Pastikan Anda membaca label pakaian Anda sebelum menghilangkan noda.

Setelah noda dibersihkan, rendam kemeja putih Anda dalam air panas. Hal ini akan membantu memecahkan komponen noda pada kemeja tersebut. Jika setelah tahap ini noda masih ada, ulangi langkah pertama. Jangan biarkan kemeja Anda kering sebelum noda benar-benar hilang.

Proses mencuci yang tepat
Setelah memastikan kemeja Anda aman terkena air panas, sebaiknya proses mencuci kemeja putih dilakukan dengan air panas. Gunakan sabun detergen yang cukup. Tambahkan pemutih agar kemeja Anda tetap cerah. Anda juga dapat menggunakan air jeruk lemon, cuka atau cairan hydrogen peroxide dengan kadar 3%. Setelahnya, pastikan kemeja Anda dikeringkan di bawah cahaya matahari.

Mesin cuci harus dalam keadaan bersih
Bersihkan mesin cuci Anda secara reguler agar sisa-sisa kotoran dari pakaian yang telah dicuci tidak tercampur dengan pakaian yang sedang dalam proses pencucian. Anda juga harus memastikan air yang digunakan untuk mencuci tidak mengandung mineral tinggi. Hal ini adalah salah satu penyebab kemeja putih berubah warna.

sumber: liputan6.com