Pulpen - Pen Promosi Murah, Klik Disini!Pin Promosi Murah, Klik Disini!


Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :



Beginilah Cara Menyusui Bayi yang Sedang Tidur. Bayi yang baru lahir perlu sering disusui agar tubuhnya punya daya tahan yang kuat. Rata-rata bayi baru lahir harus disusui antara 8-12 kali dalam satu hari, atau setiap 2-3 jam sekali. Namun, biasanya bayi lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Lalu bagaimana cara yang tepat menyusui bayi saat ia sedang tertidur?

1. Jika ia sedang tertidur saat waktunya menyusu, maka Anda harus membangunkannya perlahan. Tunggu hingga terlihat tanda-tanda ia bangun seperti mata yang bergerak, atau suara rengekannya. Rengkuh bayi, usap lembut tubuhnya dan ajak ia bicara hingga ia terbangun. Bila perlu, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk mengganti popoknya atau memijat tubuhnya perlahan sampai ia benar-benar terbangun dari tidur.

2. Karena terlalu ngantuk, biasanya bayi sering tertidur selama menyusu. Bila hal ini terjadi, yang harus dilakukan adalah mengubah posisi menyusunya dengan lembut. Gerakan ini akan mendorong bayi terbangun dan kembali menyusu.

3. Ada saatnya ketika bayi sedang terbangun, ia justru tak bisa diam. Biasanya ia banyak bergerak sehingga sulit untuk menyusuinya. Cobalah untuk membuka pakaiannya, lalu dekap dan ayun perlahan. Anda juga bisa mengajaknya bicara atau bernyanyi. Cara ini umumnya bisa menenangkan mereka sehingga lebih mudah disusui.

4. Jangan biasakan untuk mengajak si kecil bermain di malam hari. Anda harus ingat bahwa, menyusui malam hari bisa dilakukan hanya bila ia bangun dan menangis. Cara ini bisa akan membantu mengajarkan bayi tidur sedini mungkin dan terlelap sepanjang malam sehingga Anda bisa beristirahat lebih panjang dan tenang.

Sumber: Buku Panduan Praktis Perawatan Ibu dan Bayi dari Johnson’s Baby.

sumber: kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Hindari Penculikan! Jangan Pajang Foto Bayi Anda di Facebook
  2. Teman Imajiner Anak Anda, Normalkah?
  3. Buah Dan Sayuran Berikut, Bisa Tingkatkan Imunitas Anak Anda
  4. Yang Perlu Dipahami Seputar Uang Saku Anak
  5. Sakit Gigi Sebabkan Bayi Prematur
  6. Kartu Kredit Untuk Anak, Perlukah?
  7. Kapankah Saatnya Bayi Mandi Air Dingin?
  8. Inilah 4 Tips Memilih Mainan Anak yang Aman
  9. Cara Deteksi Mata Juling Sejak Dini dan Terapinya
  10. Cegah Kepala Bayi Agar Enggak Peyang