Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

MENYUSUI merupakan aspek penting setelah melahirkan. Pada masa ini, ibu dan anak diyakini membentuk satu ikatan yang kuat. Selain itu, nutrisi dari ASI jauh lebih baik dibandingkan produk industri. ASI membantu bayi tumbuh lebih sehat dengan sistem imun yang lebih kuat. Anda dianjurkan untuk memberikan ASI eksklusif paling tidak selama 6 bulan.

Pada saat menyusui, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, termasuk asupan makanan dan menghindari obat-obatan yang bisa mempengaruhi bayi secara langsung. Selain itu, faktor yang tidak kalah pentingnya adalah posisi. Anda perlu memilih posisi menyusui yang membuat Anda dan bayi Anda nyaman.

Pilihlah posisi yang membuat bayi Anda bisa menempel ke payudara Anda dengan mudah. Berikut 4 posisi menyusui yang bisa Anda pilih saat menyusui bayi kesayangan Anda.

Cradle Position: Dalam posisi ini, Anda perlu menempatkan kepala bayi di lipatan tangan Anda. Dukung punggung dan pantat bayi dengan lengan dan tangan Anda, dan buatlah agar bayi menghadap ke samping, menghadap ke arah Anda. Payudara Anda seharusnya berada di depan muka bayi Anda.

Lying Down Position: Dalam posisi ini, Anda perlu berbaring menghadap ke samping dengan bayi menghadap ke arah Anda. Topang diri Anda dengan bahu dan kepala menggunakan bantal ekstra sebagai pendukung. Posisi ini akan membuat Anda merasa nyaman dan sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalani pemulihan dari operasi cesar.

Football Position: Dalam posisi ini, Anda perlu menempatkan bayi di bawah lengan, dengan kepala bayi berada di tangan Anda. Dukung tubuh bayi dengan menggunakan lengan bawah Anda, dan biarkan bayi menepel ke payudara Anda. Posisi ini seringkali dianjurkan jika Anda baru saja menjalani operasi cesar.

On Your Lap: Selain tiga posisi di atas, Anda juga bisa membuai bayi di pangkuan Anda dan menggunakan tangan yang satu lagi untuk menuntun bayi menyusu ke payudara Anda.

Jika Anda beruntung dengan bayi kembar, Anda bisa memilih football position atau lap position, sesuai dengan kenyamanan Anda.

sumber: Ikarowina Tarigan, mediaindonesia.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 9 Kesalahan Orang Tua Saat Mengasuh Balita
  2. 6 Cara Mengatasi Anak Berkata Kasar dan Kotor
  3. Inilah 10 Cara Membesarkan Anak Sehat
  4. Jangan Abaikan Lingkar Kepala dan Ubun – Ubun Anak Anda
  5. Indikator Awal Autisme Dari Tatapan Bayi
  6. Apakah Anak Anda Suka Ngompol? Berikut Cara Mengatasinya
  7. 10 Kesalahan Sering Dilakukan Ibu Baru Saat Menyusui
  8. Inilah 3 Manfaat Mencukur Rambut Bayi
  9. Pengaruh Permainan Pada Perkembangan Anak
  10. Atasi Juling Sejak Dini