Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Walaupun seiring masa pertumbuhan bentuk kepala buah hati pasti akan mengalami perubahan, tapi kebiasaan tidur pada satu posisi saja akan berakibat buruk pada bentuk kepala bayi kita.

Kondisi tulang tengkorak bayi yang belum kokoh atau rapuh, membuat kebiasaan tidur yang salah pada anak menjadi penyebab mengapa bentuk kepala bayi ada yang tidak sempurna alias peyang. Kondisi ini baru bisa disadari jika kita melihat kepala buah hati kita dari atas. Dari sudut pandangan tersebut, kita bisa melihat salah satu bagian belakang kepala si kecil lebih rata dibanding sisi yang lain, di sisi yang “rata” tulang pipi akan terlihat menonjol, dan kuping pun terkesan lebih maju.

Biasanya masalah ini terjadi pada bayi yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dalam boks bayi, kursi pengaman di mobil, atau kursi bayi. Meskipun bagi ibu ini merupakan posisi paling pas untuk membuat si kecil tertidur pulas, tapi ada beberapa hal yang bisa kita tetap lakukan untuk mencegah terjadinya masalah ini, seperti:

  1. Ubah arah. Letakkan bayi kita yang tertidur di tempat tidur mereka, tapi sesekali ubahlah arah kepala si kecil. Cara lain yang juga dapat membantu adalah dengan mengganti tangan kita saat menggendong, setiap kali ingin menyusui.
  2. Gendong lebih baik. Ketika sang buah hati terbangun dari tidur, angkat dan gendonglah mereka untuk membantu meringankan tekanan dari kepala si bayi setelah tertidur lama di ayunan, boks, atau bangku bayi.
  3. Waktunya untuk telungkup. Tetap dengan pengawasan kita yang ketat, letakkan bayi untuk bermain dalam posisi telungkup. Pastikan permukaan tempat si kecil bermain keras. Dan, apabila kita ingin meninggalkan ruangan, angkat dan ajak si kecil bersama kita.
  4. Jadilah orangtua yang kreatif. Letakkan anak di posisi dimana ia harus memutar badannya dari “sisi yang peyang” untuk melihat ke arah kita, mengikuti gerakan atau suara tertentu di dalam kamar. Sesekali pindahkan boks si bayi untuk memberikan mereka pandangan yang baru. Usahakan jangan biasakan bayi tidur di atas bantal atau alas yang lunak.

sumber: (Astrid Anastasia/Prevention Indonesia), kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah Bahaya Balita Jika Gemar Memainkan iPad
  2. Cara Bijak Memberikan Pujian Kepada Anak Anda
  3. Inilah 7 Keahlian yang Wajib Dikuasai Anak Anda
  4. Tes DNA Ibu Hamil, Bisa Deteksi 100 Penyakit Bayi Dimasa Datang
  5. Merancang Liburan Untuk Anak Autistik
  6. Gangguan Autis Pada Anak
  7. Tips Ketahui Kelamin Bayi Tanpa USG
  8. Kamus Tangis Bayi : Terjemahkan Tangis Bayi Anda
  9. Yang Harus Diperhatikan Jika Anak Memelihara Hewan
  10. 10 Langkah Membuat Anak Memperoleh Nilai 100