Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Bayi memerlukan ASI untuk bisa tumbuh dan berkembang optimal. Si ibu harus menjaga kondisinya agar si kebutuhan ASI si bayi bisa tercukupi. Jaga pula asupan karena apa yang dimakan ibu bisa memengaruhi kondisi ASI-nya.

Menurut dr Suririnah dalam bukunya yang bertajuk Buku Pintar Merawat Bayi 0-12 Bulan, untuk ibu yang dalam masa menyusui ASI, umumnya tak ada makanan atau minuman yang harus dihindari karena ibu menyusui memerlukan makanan yang bergizi.

Tetapi, kadang ada ibu yang mengeluhkan bahwa saat makan-makanan tertentu, si bayi akan merespons dengan kondisi tertentu. Contohnya; kacang-kacangan, makanan pedas, jeruk dan sebangsanya, kol, bawang, dan brokoli. Si kecil bisa merespons dengan menangis karena perut kembung atau tak enak perut. Jika memungkinkan, perhatikan asupan Anda dan perhatikan dampaknya pada si kecil.

Selain itu, saat masa menyusui, hindarilah minuman yang mengandung alkohol dan kafein karena bisa menimbulkan reaksi pada bayi. Begitu pun dengan obat-obatan. Sebisa mungkin hindari obat-obatan saat sedang menyusui. Untuk sementara, berikan si kecil susu formula jika si ibu harus minum obat-obatan. Tanyakan pada dokter untuk lebih pastinya. Obat-obatan yang bisa memengaruhi susu, antara lain antikoagulan (warfarin), antihipertensi, antidepresi, beberapa antibiotika (tetrasiklin), dan pil kombinasi estrogen serta progesteron yang bisa menekan produksi ASI.

sumber: kompas.com, Editor: Nadia Felicia


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Tes DNA Ibu Hamil, Bisa Deteksi 100 Penyakit Bayi Dimasa Datang
  2. Benarkah Berbicara ala Suara Bayi Kepada Buah Hati Anda ?
  3. Membedong Bayi, Boleh Kok! Inilah Cara Membedong yang Benar
  4. Apakah Anak Anda Suka Ngompol? Berikut Cara Mengatasinya
  5. Inilah 4 Tips Memilih Mainan Anak yang Aman
  6. 5 Tips Menghindari Anak Dari Penculikan
  7. Inilah Efek Buruk Jika Anak Sering Dipukul
  8. 4 Cara Hindari Si Kecil Mabuk di Pejalanan
  9. Inilah 10 Masalah Pada Bayi Yang Baru Lahir
  10. Lingkar Kepala Bayi Baru Lahir?