Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Makanan yang bergizi, tubuh sehat, pendidikan yang bagus, hingga tata krama serta pelajaran agama yang baik menjadi perhatian semua orang tua buat bekal anak menghadapi dunia nantinya. Sebab setiap orang tua sadar bahwa anak-anak tak selamanya tinggal dengan mereka. Suatu saat mereka akan dewasa dan memulai kehidupannya sendiri. Nah, orang tua tentu berharap anak bisa mandiri nantinya, mendapat penghidupan yang layak serta diterima baik oleh lingkungan.

Apakah itu semua cukup untuk membekali anak? Sayangnya tidak, maka tugas Anda yang harus membekali anak dengan keahlian dasar bertahan hidup. Apa saja keahlian dasar tersebut? Berikut tujuh keahlian dasar yang wajib dikuasai setiap anak. Paling tidak mulai dibiasakan dan dilatih sejak remaja.

1. Menyusun budget
Mengajarkan anak menyusun pengeluaran sama pentingnya dengan mengajarkannya menabung. Coba perhatikan cara Anda memberi uang saku pada anak. Bila Anda terbiasa memberinya harian hingga kuliah nanti, ia terbiasa dengan konsep membelanjakan uang yang ada hingga habis lalu besok uangnya ada lagi. Ketika dewasa tentu tak begitu, pengeluaran terjadi setiap hari dan pemasukan belum tentu. Anda tentu tak ingin anak Anda tumbuh dengan kondisi keuangan morat-marit nantinya. Tak mampu menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran.

2. Bayar tagihan
Anda pasti akan terkejut jika ada mahasiswa yang kerepotan untuk mengurus pembayaran sendiri. hal ini sepertinya sepele, tapi paling tidak harus dilatih, bukan cuma cara membayar tetapi mencatat tagihan, jumlah, tanggal bayar dan jatuh tempo. Latihlah anak mulai dari hal yang sesuai kebutuhan mereka. Paling tidak beri tugas mereka membayar tagihan internetnya sendiri.

3. Mengatur menu
Tak ada yang sepele tentang mengatur menu. Bila skill dasar ini tak disukai, saat menikah nanti atau saat punya anak, ia akan kebingungan. Akhirnya akan terjebak dalam pola makan yang tidak sehat. Libatkan anak Anda buat mengatur menu mingguan di rumah mulai sekarang.

4. Berbelanja
Bila Anda berpikir bahwa ini bukan keahlian khusus yang harus dibekali kepada anak. Anda harus berpikir ulang! Sebab berbelanja itu juga butuh keahlian khusus. Bukan hanya melakukan transaksi jual beli, tapi memilih buah dan sayur dengan kualitas yang bagus, mengenali bahan kedaluwarsa, hingga menawar harga

5. Memasak
Memasak adalah keahlian dasar yang wajib dimiliki setiap orang baik laki-laki dan perempuan. Paling tidak suatu saat anak Anda akan sekolah atau bekerja di lain kota, keahlian ini akan sangat berguna baginya. Mulailah dari menu yang mudah seperti sayuran tumis, nasi goreng dan terus hingga mempraktekkan resep. Sisi baiknya dari hal ini, bisa juga menjadi kegiatan keluarga yang menyenangkan bersama.

6. Mencuci pakaian
Ya, termasuk menyetrikanya. Mengajarkannya teknik dasar mencuci, memisahkan pakaian berwarna dengan putih, mencuci pakaian dalam hingga teknik menghilangkan noda di pakaian. Seperti makan, pakaian juga kebutuhan dasar setiap orang rasanya sudah sepantasnya mereka disiapkan agar bisa memenuhi kebutuhan dasarnya dengan baik.

7. Merawat mobil
Sebelum anak bisa menyetir mobil (percayalah ia akan sangat ingin mengendarai mobil Anda suatu saat nanti) berikan pengetahuan dan latihan kepada mereka tentang merawat mobil termasuk mengecek oli, karburator, hingga mengganti ban.

Sumber: Shine, kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 4 Fakta Saat Menyusui
  2. Kenapa Mengenalkan Permainan Tradisional Pada Anak ?
  3. Inilah Risiko Bedah Caesar untuk Ibu dan Bayi
  4. Gangguan Autis Pada Anak
  5. Inilah 10 Masalah Utama Kesehatan Anak
  6. Inilah 3 Pertanda Anak Anda Mengalami Pelecehan Seksual
  7. Inilah 4 ‘Larangan’ Saat Memberikan Pujian Ke Anak Anda
  8. Inilah Buku Pola Asuh Anak Yang Dibaca Kate Middleton
  9. 7 Cara Menjawab Pertanyaan Seputar Seks Dari Anak Anda
  10. Inilah 25 Kata – Kata yang Wajib Dikuasai Buah Hati Anda / Balita