Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Resep Masakan dan Lifestyle – Memiliki momongan adalah impian semua pasangan. Sayangnya, tak semua pasangan mudah mendapatkan anak. Berbagai usaha dilakukan, termasuk memilih melakukan metode bayi tabung atau teknologi in vitro fertilization (IVF) untuk memiliki anak.

Proses IVF yang tergolong panjang dan memakan banyak biaya, membuat calon orangtua tentunya sangat berharap program ini dapat berhasil. Tetapi, keberhasilan bayi tabung sangat tergantung dari kualitas sel telur calon ibu. Karena itu untuk memperbesar keberhasilan, ibu disarankan untuk melakukan 8 persiapan menjelang proses bayi tabung, berikut ini:

1. Mengonsumsi makanan bergizi tinggi.
Ibu dapat memilih makanan berjenis gandum utuh atau makanan dengan indeks glisemik yang rendah. Tak hanya itu, sebaiknya juga menghindari jenis makanan olahan, minyak terhidrogenasi, gula, dan terlalu banyak alkohol. Hindari juga terlalu banyak mengonsumsi makanan berbahan dasar kedelai dan hentikan kebiasaan merokok.

2. Menghindari makanan yang mengandung merkuri
Pastikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung lemak yang menyehatkan, dengan minyak murni, dan makanan kaya lemak polyunsaturated seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat dan ikan yang tidak terkontaminasi merkuri, seperti ikan tuna dan salmon yang memiliki kadar merkuri yang lebih rendah.

3. Perbanyak aktivitas fisik
Banyak melakukan aktivitas fisik dapat membantu mengurangi stres dan juga dapat melancarkan sirkulasi darah. Karena itu, disarankan memperbanyak melakukan aktivitas fisik yang ringan, seperti berjalan kaki atau melakukan yoga secara rutin.

4. Batasi kafein
Kafein memang memiliki manfaat untuk kesehatan, asalkan dikonsumsi secara wajar atau tidak berlebihan. Karena itu, batasilah konsumsi kafein dalam bentuk apapun, baik kopi, soda maupun teh.

5. Melakukan perawatan alternatif
Bila perlu, ibu juga dapat melakukan perawatan alternatif, seperti meditasi, spa dan akupunktur. Hal tersebut bertujuan untuk meredakan stres menjelang serangkaian prosedur IVF. Dengan mengontrol stres, tubuh calon ibu juga akan lebih responsif terhadap fertilisasi, dan sirkulasi ke organ-organ tubuh juga menjadi lebih lancar.

6.Hindari gangguan hormon
Menghindari gangguan hormon juga hal penting yang harus dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan memilih bahan makanan organik. Dengan begitu, kadar pestisida yang ada di dalam makanan tidak akan sampai mengganggu kadar estrogen dalam tubuh, yang dapat menurunkan kualitas sel telur.

7. Tidur teratur
Tidur secara teratur, yaitu sebanyak 8 jam setiap harinya tak hanya dapat mencegah penurunan daya tahan tubuh, tapi juga mampu meningkatkan produksi melatonin alami dalam tubuh. Melatonin merupakan syarat sehatnya perkembangan folikel. Hindari konsumsi suplemen melatonin, karena adanya efek hormonal yang terkandung di dalamnya.

8. Lakukan pemeriksaan tiroid
Agar tubuh benar-benar siap menjalani serangkaian prosedur bayi tabung, maka hasil TSH haruslah berada di bawah 2.0. Tak hanya itu, lakukan juga pemeriksaan darah komplit, seperti antibodi antinuklir, prolaktin, ferritin, INR, FSH, LF, DHEA-S, testosteron dan hormon Antimullerian.

Perlu diketahui, bahwa dalam menjalani prosedur bayi tabung. Folikel dalam tubuh harus dapat menerima nutrisi yang cukup sebagai pelindung dari kerusakan, serta untuk meningkatkan kualitasnya memasuki fase stimulasi.

Selain itu, salah satu faktor pendukung keberhasilan bayi tabung adalah nutrisi dan antioksidan haruslah cukup untuk menjangkau jaringan-jaringan dalam tubuh calon ibu, terutama ovarium dan dinding endometrial.

sumber: kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Mengetahui Bakat Anak Anda
  2. Tips Untuk Para Bunda Mendongeng, Kekuatan Dahsyat Sebuah Dongeng
  3. NARKOBA Jenis Baru Bernama “Strawberry Quick”
  4. Pentingkah Suplemen Minyak Ikan Untuk Anak Agar Pintar?
  5. Makanan Berikut, Bikin Anak Tambah Cerdas
  6. Inilah Dampak Negatif Anak Sering Nonton Film Kartun
  7. Inilah Arti Senyuman Bayi Anda
  8. Kapankah Saatnya Bayi Mandi Air Dingin?
  9. 7 Cara Menjawab Pertanyaan Seputar Seks Dari Anak Anda
  10. Inilah Tips untuk Ibu Hamil & Menyusui yang Ingin Tetap Puasa