Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Bahasa pertama si kecil adalah menangis.Orang tua bisa mengartikannya sebagai pertanda si kecil lapar, kesakitan, tak nyaman, kedinginan, lapar, lelah, bosan atau haus.Pada usia 3 bulanlah si kecil banyak menangis, jika dijumlahkan sehari sekitar 2 jam waktunya untuk menangis.

Menagis yang tidak bisa didiamkan biasanya disebabkan karena lapar, meskipun ia baru saja 2 jam lalu disusui, jangan ragu menyusuinya lagi. Jika menolak, mungkin popok basah atau si kecil hanya ingin dipeluk.

Ada beberapa orang tua yang menganggap bayi yang rewel karena masuk angin atau kembung, karena bayi yang minum susu formula menelan sedikit udara pada saat menyusui. Setelah bayi ditegakkan ataupun ditepuk-tepuk punggungnya bayi tidak juga bersendawa setelah 2-3 menit, dapat langsung ditidurkan.

Strategi menghentikan tangisan bayi dapat dicoba dengan mengayun bayi dalam dekapan, ayunan ini memiliki efek menenangkan atau menggeser posisi tidurnya saja dapat membuat tangisnya reda.

Dapat dengan sentuhan, yaitu memegangnya lembut namun mantap, setelah itu dipeluk sedekat mungkin. Jika masih menangis diletakan dalam selimutnya dengan membelainya.

Atau dicoba pula dengan suara, misalnya menyanyikan lagu dengan ritme dan nada yang sudah dikenalnya. Karena ada beberapa bayi yang menyukai suara monoton misalnya suara mesin cuci. Hal ini yang dirangsang adalah indra pendengarannya karena pendengaran merupakan indra paling dini menerima rangsang dan paling cepat menerima rangsang, dan sikecil dapat merespon suara sehingga akan merasa senang.

Alterlatif lainnya dengan benda yang dapat membuatnya menarik, misalnya mainan yang diletakkan didekatnya. Menggunakan teknik diatas haruslah dengan konsisten, karena bila salah satu teknik sudah terbiasa bagi si bayi, si kecilun akan mengenalinya dan akan merasa nyaman.

sumber: info-sehat.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 5 Tips Mensterilkan Botol Susu saat Pergi Liburan
  2. Mau Anak Anda Pintar? Ternyata Kasih Sayang Ibu Tentukan Besar Otak Bayi
  3. Cara Bijak Memberikan Pujian Kepada Anak Anda
  4. Mana Yang Lebih Mendidik Anak Tom and Jerry atau Upin-Ipin ?
  5. Anak Kecil Pakai Ponsel Rawan Kanker Otak
  6. Merancang Liburan Untuk Anak Autistik
  7. Inilah 9 Kesalahan Orang Tua Saat Mengasuh Balita
  8. 5 Kursus Persiapan Kelahiran Yang Perlu Diikuti
  9. Kiat Mengembangkan Otak Anak
  10. Hypnoparenting : Sugesti Positif Untuk Anak Jelang Tidur