Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Saat anak demam, atau bahkan ketika orang dewasa mengalami demam, tindakan awal yang dilakukan adalah mengompres di dahi, kebanyakan dengan washlap yang direndam di dalam air dingin. Jika Anda melakukan cara ini pada anak juga pada diri sendiri, Anda harus mengubah kebiasaan keliru ini.

Dokter spesialis anak di Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina, dr Herbowo Soetomenggolo, SpA, menjelaskan, untuk mengatasi demam sebaiknya lakukan kompres dengan air hangat. Caranya, rendam washlap dalam air hangat lalu gunakan untuk mengompres pada area leher, bukan dahi. Cara lain, gunakan washlap yang direndam di air hangat untuk membasuh seluruh badan, bukan hanya bagian tertentu saja.

“Di badan kita ada reseptor yang memberi tahu otak bahwa badan sedang demam atau tidak. Kalau kompres dingin yang diberikan, hanya suhu kulit dingin. Otak berpikir tubuhnya dingin sehingga otak tidak memerintahkan melepaskan zat-zat yang bisa menurunkan demam,” jelasnya saat bincang-bincang dalam peluncuran microsite Lifebuoy Berita Sehat di fCone, fX Sudirman.

Mengapa area leher yang harus dikompres? Karena di area inilah terdapat pembuluh darah terbanyak, selain daerah lipatan seperti ketiak. Saat demam, area tubuh yang terdapat pembuluh darah inilah yang semestinya dikompres, bukan dahi.

sumber: kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Jika si Kecil Suka Berkelahi
  2. Umur Berapakah Anak Boleh Makan Pedas?
  3. Meningkatkan Nilai IQ Anak
  4. Informasi untuk orang tua seputar obat pilek dan batuk anak
  5. Inilah 10 Manfaat Olahraga Bagi Buah Hati Anda
  6. Inilah 7 Keahlian yang Wajib Dikuasai Anak Anda
  7. Hindari Makanan Berikut Selama Menyusui
  8. Anda Termasuk Yang Mana? Ada 5 Tipe Anak di Dunia
  9. Hindari 6 Makanan Berikut Saat Anda Menyusui
  10. ASI Bisa Disimpan Berapa Lama? Cara Menyimpan ASI Yang Benar?