Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Bahan:

½ kg terigu

400 ml air

1 sdm. baking powder

2 sdt. baking soda

1½ sdt. garam

Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

Masukkan baking powder, baking soda dan garam ke dalam baskom lalu masukkan air dan aduk rata.  Masukkan terigu dan aduk rata.  Biarkan 15-20 menit. 

Ambil adonan yang dipinggir baskom lalu dipindahkan ke tengah-tengah adonan lalu biarkan lagi 15-20 menit.  Terus lakukan ini 3-4 kali sampai adonan menjadi halus dan elastis.

Balik adonan dan beri sedikit minyak di permukaannya supaya adonan tetap lembab.  Biarkan selama 1 jam.

Angkat adonan dari baskom lalu dibungkus dengan plastik dan bentuk persegi panjang.  Diamkan lagi selama 4 jam.   Kalau membuat adonan lebih dari ½ kg, potong adonan dan pisahkan setiap ½ kg lalu dibungkus plastik.

Buka bungkus plastik adonan.   Dengan batang kayu bulat, tekan adonan dan bentuk persegi panjang dengan lebar 6 cm dan tebalnya 15 mm.

Setelah itu potong adonan pipih tadi selebar 0.75 cm sampai habis.  Lalu letakkan satu potongan dengan satu potongan menjadi dua kemudian gunakan tusuk sate tekan bagian tengahnya yang memanjang.   Dengan demikian kedua potongan tadi menempel jadi satu.  Selesaikan semua potongan.

Panaskan minyak di wajan untuk menggoreng dengan api sedang.

Dengan dua tangan ambil kedua ujung potongan adonan tadi lalu tarik sampai kira-kira 20 cm (jangan sampai putus) lalu masukkan ke dalam penggorengan dan goreng sampai cakwe mengembang dan bolak-balik sampai cakwe menjadi kecoklatan.  Angkat dan hidangan bersama bubur ayam.


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Daging Bumbu Ketumbar
  2. Bebek Betutu
  3. Satai Pusut Daging
  4. Bakso Goreng & Tumis Sayur Asin
  5. Kebab Spesial
  6. Udang Buncis
  7. Ayam Goreng Pemuda
  8. Donburi Ayam Sawi
  9. Isi Bakpao Ayam
  10. Sup Ikan