Pulpen - Pen Promosi Murah, Klik Disini!Pin Promosi Murah, Klik Disini!


Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :



Siapa yang tak ingin memiliki anak yang cerdas? Hanya karena Anda tidak tamat kuliah karena memilih untuk bekerja, misalnya, tidak berarti Anda tidak bisa mempunyai anak yang pintar. Yang penting, anak mendapat stimulasi yang baik sejak masih di dalam kandungan.

Menurut dr Tri Yuniarti, SpOG, spesialis obstetri dan ginekologi dari RS Yadika, Jakarta, ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan anak, antara lain:

1. Genetik
Salah satu faktor yang menjadi penentu kecerdasan janin adalah faktor genetik dari orangtua. “Orangtua yang pintar biasanya akan memiliki anak yang cerdas, karena genetik memiliki kontribusi yang paling besar dalam pengaruh kecerdasan janin,” ungkap Tri dalam talkshow “Rahasia Ibu Hamil Sehat & Janin Sehat dan Cerdas” yang diadakan Tabloid Nakita, beberapa waktu lalu.

2. Kecukupan gizi
Faktor lain yang sangat berpengaruh adalah gizi yang cukup selama masa kehamilan. “Kesadaran orangtua akan pentingnya asupan gizi yang cukup sangat berpengaruh pada perkembangan otak anak, dan membuat anak menjadi cerdas,” tukasnya. Asupan yang sangat berpengaruh untuk kecerdasan anak adalah asam folat, omega-3, dan berbagai vitamin lainnya. Kebutuhan gizi ini bisa diperoleh dari bahan makanan seperti kacang-kacangan, buah, dan sayur.

Asupan ini sangat diperlukan terutama pada trimester pertama, karena saat inilah perkembangan otak anak terjadi. Sayangnya, meski sudah banyak menyantap makanan sehat ini, kadang-kadang ibu masih kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Hal ini disebabkan rusaknya zat-zat gizi tersebut akibat kesalahan dalam pengolahan makanan. “Sebagai alternatifnya, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi suplemen yang mengandung AHA dan DHA,” ujarnya.

3. Stimulasi musik
Banyak yang meyakini, musik bisa membantu merangsang kecerdasan anak. Anda tidak harus membatasi diri dengan mendengarkan musik klasik saja. Semua jenis musik ternyata bisa digunakan untuk menstimulasi kecerdasan anak, dan bisa dilakukan sejak masa kehamilan 24 minggu. “Stimulasi musik bisa membuat anak memiliki daya ingat yang lebih baik ketika dewasa,” tukasnya.

sumber: kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Tips Untuk Para Bunda Mendongeng, Kekuatan Dahsyat Sebuah Dongeng
  2. Di Inggris Banyak Orang Tua Menyesal Berikan Gadget kepada Anak
  3. Mana Yang Lebih Mendidik Anak Tom and Jerry atau Upin-Ipin ?
  4. Inilah 9 Kesalahan Orang Tua Saat Mengasuh Balita
  5. Inilah Risiko Bedah Caesar untuk Ibu dan Bayi
  6. Tips Membuat Ramuan Herbal Untuk Balita
  7. Inilah Alasan Kenapa Anak Kecil Suka Coret – Coret
  8. 7 Tips Agar Anak Kebal Penyakit
  9. Hindari Penculikan! Jangan Pajang Foto Bayi Anda di Facebook
  10. Kenapa Anak Anda Sering Sakit? Inilah Penyebabnya