Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Kehamilan bukan penyakit, meski memang pada sebagian besar ibu hamil (bumil), kehamilan membuat kondisi tubuh tak nyaman. Jangan tinggal diam dengan kondisi tubuh yang tak nyaman karena mengalami perubahan selama kehamilan. Tetap lah beraktivitas, termasuk berolahraga seperti latihan pilates.

Instruktur privat pilates, Lisa Namuri mengatakan bumil perlu tetap aktif selama kehamilan. Pilates bisa menjadi alternatif olahraga yang aman selama kehamilan, agar bumil selalu aktif dan berbagai masalah tubuh teratasi. Seperti pegal-pegal, kaki bengkak, atau sakit pada pinggang, hingga tubuh yang mudah lelah.

Dalam buku yang ditulisnya, Pilates untuk Kehamilan, Lisa menyebutkan sembilan manfaat pilates untuk ibu hamil:

1. Menjaga berat badan
Saat hamil Anda memang tidak disarankan diet. Namun bukan berarti berat badan tak bisa dikontrol. Latihan pilates bisa membantu Anda menjaga berat badan selama kehamilan. Dengan rutin melakukan pilates, tubuh aktif bergerak sehingga metabolisme terjaga. Alhasil, penumpukan lemak pada tubuh berkurang.

2. Mengatasi tubuh lelah
Gerakan pilates membantu mempertahankan stamina secara aman. Stamina dibutuhkan bumil untuk mengatasi kelelahan saat kehamilan. Bumil cenderung lebih mudah lelah karena kerja organ di dalam tubuh bumil menjadi lebih berat. Karenanya bumil membutuhkan lebih banyak kalori dari biasanya. Bahkan, beberapa ahli menyatakan kalori yang digunakan untuk bumil sama dengan kalori yang digunakan para pelari maraton.

3. Bebas varises, kaki kram dan bengkak
Gerakan kaki saat berlatih pilates akan melancarkan peredaran darah. Pilates melatih otot-otot besar dan otot-otot pergelangan kaki. Karena aliran darah lancar, kaki bebas bengkak dan tidak mengalami kram.

4. Menjaga postur tubuh
Saat hamil, postur tubuh berubah secara alami. Perut yang membesar menggeser titik beban pada tubuh. Perubahan ini berdampak pada sendi dan otot tubuh. Latihan pilates mengimbangi perubahan postur pada tubuh. Dampaknya, tubuh tidak mudah sakit atau pegal-pegal.

5. Mudah mengembalikan bentuk tubuh
Beberapa perempuan tak ingin gemuk karena kehamilan. Kekhawatiran ini bisa diatasi dengan pilates. Kehamilan membuat otot-otot tubuh berelaksasi. Karenanya, selama kehamilan Anda harus tetap mempertahankan performa otot. Sehingga Anda dapat dengan mudah mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum hamil.

6. Bebas sakit pinggang
Pertumbuhan bayi Anda akan menyebabkan perut semakin membesar. Dampaknya, semakin besar pula bebas yang ditanggung pinggang. Pilates, yang fokus pada latihan kekuatan otot perut, membantu mengurangi beban yang ditanggung pinggang belakang.

7. Menjaga mood
Selama kehamilan, nafas cenderung pendek, langkah semakin berat. Aktivitas sehari-hari, termasuk mood, terganggu karenanya. Pilates membuat anggota tubuh aktif kembali. Pengantaran energi di dalam tubuh akan terjaga berkat pilates, alhasil Anda tetap bugar selama kehamilan.

8. Tidur lebih berkualitas
Biasanya, memasuki trimester ketiga, bumil mulai sulit menentukan posisi tidur yang nyaman. Latihan pilates secara rutin melancarkan pernafasan dan peredaran darah. Akibatnya, Anda merasa lebih rileks dan nyaman, kualitas tidur pun lebih meningkat.

9. Mengurangi stres pascamelahirkan
Stamina Anda kembali teruji pascapersalinan. Proses kehamilan selama sembilan bulan menguras stamina, begitu pun saat melahirkan. Ibu akan mengalami lelah berkelanjutan sejak kehamilan hingga persalinan jika tak menjaga kebugaran. Gerakan pilates selama kehamilan membantu tubuh aktif dan dinamis. Tubuh pun menjadi bugar, dan Anda lebih siap fisik dan mental menjalani persalinan hingga merawat bayi pascamelahirkan.

sumber: kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Perbedaan Kondisi Kehamilan Di Usia 20,30,40
  2. Melahirkan Normal Dengan Induksi
  3. Berenang, Olahraga Terbaik Ibu Hamil
  4. Jaga Kesehatan Gusi Anda! Maka Janin Akan Sehat
  5. Menciptakan Anak Pintar Sejak Dalam Kandungan
  6. Energi Positif Untuk Hasilkan Bayi Sehat
  7. Mau Punya Anak Dengan IQ Tinggi Ikuti 5 Tips Berikut
  8. Infeksi Toksoplasma Membahayakan Kehamilan dan Janin
  9. Golongan Darah O Sulit Hamil, Kenapa?
  10. Agar Cepat Hamil! Lakukanlah Diet Kesuburan