Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Anda dan suami berencana memiliki anak. Mulailah melakukan persiapan dari sekarang. Anda perlu memastikan beberapa faktor kehidupan agar segera mendapatkan kehamilan yang sehat.

Faktor-faktor tersebut adalah:

  • Berat badan seimbang

Berat badan sebelum hamil, akan mempengaruhi pertambahan berat badan di masa hamil. Karenanya sangat disarankan, pada masa menyiapkan kehamilan, seorang perempuan lebih dulu mencapai berat badan idealnya. Tidak terlalu kurus, juga tidak berlebihan.

  • Kombinasi menu makanan

Demi menjaga asupan nutrisi tubuh senantiasa terpenuhi, cobalah untuk mengombinasikan menu makanan. Lengkapi makanan Anda dengan jenis hidangan yang berbeda-beda. Misalnya, jika Anda lebih sering mengonsumsi hidangan yang terbuat dari ayam, selingi dengan hidangan yang terbuat dari ikan atau daging merah.

  • Olahraga

Selama masa prakonsepsi, pastikan Anda senantiasa cukup berolahraga. Aktivitas fisik ini tidak perlu dilakukan selama berjam-jam. 3 kali dalam seminggu selama 1/2 jam, sudah cukup baik.  Pastikan Anda berolahraga secara rutin.

  • Nutrisi penting untuk kehamilan

Ada beberapa jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat.

  • Asam folat. Jenis mineral ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan perkembangan janin pada awal-awal kehamilan. Asam folat dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak dan syaraf tulang belakang janin. Asam folat terkandung dalam sayuran hijau dan jeruk. Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau dan satu jeruk setiap hari. Kebutuhan asam folat untuk mendapatkan kehamilan yang sehat adalah 400 mg per hari.
  • Kalsium. Jenis mineral ini dibutuhkan untuk membentuk tulang dan gigi janin. Dua gelas susu sehari, disarankan oleh para ahli kandungan untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama masa prakonsepsi. Jika Anda tidak terlalu menyukai susu, maka kebutuhan kalsium dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan olahan dari susu, seperti yoghurt atau keju.
  • Zat Besi. Perkembangan janin sangat membutuhkan zat besi. Jika Anda tidak mengonsumsi cukup zat besi, maka kebutuhan janin akan diambil dari persediaan zat besi untuk tubuh Anda. Kekurangan zat besi pada perempuan akan menyebabkan anemia, kondisi ini tidak hanya berbahaya bagi janin, juga bagi ibu. Inilah alasan untuk mempersiapkan asupan zat besi pada masa prakonsepsi. Sumber zat besi yang utama adalah sayuran hijau dan daging merah.
  • Kudapan sehat. Tak perlu menghentikan kebiasaan ngemil Anda. Namun pada masa prakonsepsi, siapkan makanan kecil yang tidak mempengaruhi pertambahan bobot tubuh, seperti; buah-buahan (anggur, baby carot, kismis), atau biskuit yang diperkaya zat besi dan keju.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cermati Masa Subur Anda!
  2. Ada Banyak Posisi Melahirkan, Berikut 5 Posisi Melahirkan
  3. Inilah 3 Saran Salah yang Sering Diterima Saat Hamil
  4. Inilah 10 Hal Proses Melahirkan, Harus Di Ketahui Calon Ibu
  5. Menghitung Kehamilan
  6. Tips agar cepat hamil
  7. Berenang, Olahraga Terbaik Ibu Hamil
  8. Vitamin A Cegah Bayi Sumbing
  9. Tips Jitu Agar Cepat Hamil
  10. Varises Vagina Saat Hamil