Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Memiliki seorang anak adalah harapan setiap pasangan yang telah menikah. Serikali tanpa tangis dan gelak tawa si kecil, kehidupan pernikahan terasa belum lengkap. Nah jika Anda ingin segera menimang buah hati, sebaiknya Anda membatasi konsumsi kopi dan teh.

Apa alasan Anda tidak disarankan untuk minum kafein bila ingin hamil? Simak daftar dampak mengonsumsi kafein berikut ini!

  • 50 Persen Berisiko Mengalami Keguguran

Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang minum lebih dari lima gelas kopi per minggu, berisiko mengalami keguguran lebih besar 50 persen dalam enam bulan awal kehamilan dibanding perempuan yang tidak atau hanya minum 1 gelas kopi per minggu. Kondisi ini terjadi karena kafein selain mempengaruhi kesehatan secara umum juga menyebabkan perempuan mengalami gangguan haid yang pada akhirnya akan mengakibatkan masalah kesuburan.

  • Memicu Stres

Kafein dapat meningkatkan detak jantung dan metabolisme pada tubuh ibu, yang akibatnya menyebabkan stres yang mengganggu perkembangan janin. Kafein juga menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan lekas marah.

  • Berat Lahir Bayi Rendah

Banyak peneliti mengatakan minum kafein dosis tinggi dapat menyebabkan berat bayi lahir rendah (BBLR). Sebuah studi di Yugoslavia, membandingkan berat bayi baru lahir antara ibu yang mengonsumsi 71-140 mg kafein dengan ibu yang mengkonsumsi kafein 0-10 mg. Ibu yang mengonsumsi 71-140 mg melahirkan bayi dengan berat seperempat lebih kecil ketimbang bayi yang dilahirkan ibu yang lain.

  • Menyebabkan SIDS (suden infant death syndrome)

Sindroma Kematian Bayi Mendadak (SIDS). Konsumsi kafein seorang ibu hamil dapat mengganggu sistem pernapasan bayi yang  menyebabkan bayi tidak mendapat oksigen yang cukup. Pada bayi baru lahir dapat mengalami sistem pernapasan yang rentan terhadap infeksi dan stres.

  • Merusak selera makan

Kafein memiliki efek diuretik. Kafein dapat mengambil cairan dan kalsium tubuh yang diperlukan untuk kesehatan janin dan ibu hamil. Kafein bukan vitamin atau mineral. Ketika Anda mulai minum kopi dan teh, kafein cenderung akan merusak selera makan Anda untuk mengkonsumsi makanan lain yang bergizi.


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Baca Dulu 10 Hal Paling Penting Sebelum Melahirkan
  2. Waspadai 5 Produk Kecantikan Berikut, Bagi Ibu Hamil
  3. Gizi Penting Ibu Hamil
  4. Ingin Anak Laki – Laki Atau Perempuan? Berikut Caranya
  5. Cermati Masa Subur Anda!
  6. 7 Alasan Suami Malas Berhubungan Seks Saat Istri Hamil
  7. Apa yang Dimaksud dengan Mandul?
  8. Mau Cepat Hamil? Ikuti 5 Terapi Berikut Ini
  9. Vitamin A Cegah Bayi Sumbing
  10. 3 Tips Mengonsumsi Obat Saat Hamil