Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Inilah 10 Cara Mengurangi Nyeri “Sakit” Melahirkan. Nyeri bersalin tak bisa dihindari, namun Anda bisa mengurangi ketidaknyamanan yang terjadi dengan mengetahui segala bentuk aktivitas yang bisa membuat Anda lebih rileks selama proses kelahiran. Ada baiknya Anda memelajari hal yang bisa Anda lakukan dengan tubuh dan pikiran selama kontraksi. Anda akan kagum pada kemampuan Anda untuk melalui segala proses persalinan dengan lancar.

1. Pilih tempat yang nyaman
Saat menjalani proses kelahiran, pastikan Anda berada di tempat yang nyaman dan memberikan Anda rasa aman. Home birth, water birth, atau persalinan di rumah sakit, terserah mana yang nyaman untuk Anda. Idealnya, saat mengalami proses persalinan Anda harus memiliki ruang untuk berjalan-jalan dan mandi. Sediakan perangkat yang membuat Anda nyaman, siapkan playlist lagu kesukaan, selimut, atau ranjang empuk, apa saja yang bisa membuat Anda nyaman. Bila Anda memilih melahirkan di rumah, pikirkan akses tercepat ke rumah sakit untuk berjaga-jaga.

2. Pilih tim Anda dengan hati-hati
Bidan, dokter kandungan, perawat, dan orang yang dicintai, akan menciptakan tim kelahiran yang mendukung. Ketika Anda diperlakukan dengan hormat dan penuh kesabaran, saat stres dan mengalami hambatan Anda dapat lebih mudah menemukan mekanisme terbaik untuk mengatasi semuanya.

3. Perkaya informasi tentang melahirkan
Cari tahu segala sesuatu tentang persalinan dari buku, majalah, situs, atau diskusi dengan penyedia layanan kesehatan Anda seperti dokter atau bidan. Jangan lupa membiasakan diri dengan prosedur di rumah sakit atau klinik bersalin. Pengetahuan yang lebih sebelum waktu bersalin, berarti hanya akan memberikan sedikit kejutan saja saat hari H-nya.

4. Ekspresikan ketakutan Anda
Apakah Anda khawatir tentang nyeri bersalin, jarum, obat-obatan, atau kehilangan kendali di ruang bersalin? Berbicaralah dengan teman yang berpengetahuan dan terpercaya, atau dokter Anda tentunya. Menyuarakan keprihatinan Anda dapat membuka jalan untuk sebuah solusi praktis bagi masalah Anda. Ungkapkan keinginan Anda dalam proses persalinan nanti, untuk membantu mengatasi ketakutan.

5. Latihan pernafasan berirama
Tarik nafas secara penuh dalam irama lambat selama kontraksi. Cobalah melepaskan ketegangan setiap kali membuang nafas, dan lakukan sambil merintih. Anda juga bisa mencoba mengambil nafas cepat, sekitar satu tarikan setiap dua sampai tiga detik (20 sampai 30 tarikan per menit). Jika Anda kehilangan ritme Anda, pasangan bisa membantu Anda memperolehnya kembali dengan kontak mata, sentuhan tangan, atau gerakan kepala, atau berbicara pada Anda di sela-sela kontraksi.

6. Memanfaatkan visualisasi
Berfokus pada sesuatu yang membuat Anda bahagia (seperti wajah pasangan, gambar-gambar pemandangan yang Anda sukai, atau liburan berkesan yang pernah Anda jalani) dan melibatkan indera dapat mengalihkan rasa sakit. Dengarkan musik, suara yang menenangkan, atau rekaman gelombang laut, dan bayangkan diri Anda dalam lingkungan yang santai.

7. Mandi air hangat
Mandi air hangat dapat menenangkan, terutama jika Anda bisa duduk di bangku dan mengarahkan pancuran ke perut atau punggung. Mandi air hangat dapat membuat Anda menjadi lebih santai, bahkan mempercepat persalinan.

8. Terus bergerak
Bergerak sebanyak yang Anda bisa. Berjalan-jalan di sekitar ruangan, tidur menyamping, atau berjongkok. Beberapa posisi akan terasa lebih nyaman daripada yang lain. Jadi jangan ragu mencoba berbagai posisi yang membuat Anda nyaman.

9. Kompres hangat atau dingin
Tempatkan kompres air hangat di bawah punggung, pangkal, paha, perut, atau bawah bahu, selama persalinan. Sedangkan menempelkan kompres dingin (bisa memakai sarung tangan lateks yang diisi dengan es batu) dapat menenangkan daerah yang menyakitkan. Kain atau handuk kecil yang dingin juga bisa sedikit membuat Anda lebih segar untuk mengelap wajah, dada, atau leher yang berkeringat.

10. Manjakan diri dengan sentuhan atau pijatan lembut
Sentuhan pasangan, pegangan tangan, elusan di pipi, belaian rambut, atau tepukan-tepukan kecil pada tangan atau bahu Anda akan menyampaikan pesan peduli. Dengan begitu rasa sakit akan berkurang. Dan siapa yang tidak merasa aman dan damai dengan kehadiran ibu? Anda bisa meminta ibu Anda menemani, dan memegang tangan untuk menenangkan Anda, jika hal tersebut benar-benar Anda kehendaki.

Sumber: fitpregnancy, kompas.com