Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Anda pasti tahu persis bahaya merokok dan mengkonsumsi alkohol saat hamil, tetapi apakah Anda tahu beberapa kebiasaan sehari-hari juga memiliki resiko bahaya yang potensial terhadap kehamilan?Untuk membantu menjamin kehamilan sehat, perhatikan beberapa informasi penting berikut ini:

Jangan duduk sepanjang hari
Duduk adalah salah satu posisi terburuk bagi sistem sirkulasi. Kira-kira sekali setiap jam, Anda perlu berdiri dan berjalan-jalan. Posisi tubuh terbaik bagi kehamilan dari segi sirkulasi adalah berbaring pada bagian kiri. Selain itu, posisi berdiri juga cukup baik.

Biasakan berolahraga
Pada usia kehamilan tiga atau empat bulan, Anda masih dapat melakukan olahraga favorit dalam porsi yang sama seperti sebelum hamil. Tetapi sebaiknya mintalah ijin dokter sebelum Anda melakukannya.

Jangan memakai kaos kaki tinggi
Kaos kaki jenis ini akan mengerutkan kaki di bagian bawah dari lutut, sehingga menyebabkan pembekuan darah. Stocking dan kaos kaki normal adalah pilihan lebih baik.

Awasi konsumsi vitamin
Apapun yang berlebihan selalu memiliki efek samping, termasuk bila mengkonsumsi suplemen vitamin sekalipun. Vitamin atau mineral seperti vitamin C, A atau K atau kalsium berlebihan dapat mengakibatkan gejala kelahiran cacat. Bila ingin mengkonsumsi suplemen, perhitungkan pula vitamin yang Anda bisa dapatkan dari asupan makanan sehari-hari, sehingga dapat ditentukan berapa jumlah tepat yang dibutuhkan.

Jangan berendam di air hangat
Jika suhu tubuh seorang wanita hamil meningkat di atas 40 derajat celcius, risiko terjadi keguguran meningkat dua sampai tiga kali. Mandi air hangat boleh saja sepanjang untuk relaksasi.

Batasi konsumsi gula
Gula lebih mudah bergerak dibanding sebagain besar partikel lain, dan dapat bergerak dengan mudah sepanjang selaput plasenta. Sehingga ketika Anda berlebihan mengkonsumsi gula, bayi Anda juga mengalami hal yang sama.

Jangan melakukan keriting rambut
Selama 14 minggu pertama kehamilan, disarankan jangan melakukan pengkeritingan, pewarnaan, ataupun pengaplikasian obat kimia lainnya pada rambut. Zat-zat kimia itu dikhawatirkan terserap oleh kulit dan mempengaruhi embrio yang tengah berkembang. Masa 14 minggu pertama sangat rentan, karena saat itu organ-organ penting bayi mulai terbentuk. Setelah tiga atau empat bulan, resiko itu mulai berkurang, tetapi sebaiknya Anda berhati-hati untuk menghindari pengobatan kulit kepala sampai sembilan bulan.

rileks.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Menghitung Usia Kehamilan
  2. Cara Cepat Hamil, Perhatikan Masa Ovulasi
  3. Apa Yang Harus Dilakukan Saat Kehamilan Sudah Lewat Bulan ?
  4. “Fast Food” atau “Junk Food” Pantangan Ibu Hamil ?
  5. Inilah 10 Persiapan Jelang Melahirkan Agar Ibu Tenang
  6. Kekurangan Asam Folat, Sulit Untuk Hamil
  7. Yuk Olahraga Hamil
  8. Tips Sehat Kehamilan
  9. Water Birth. Ketahui Manfaat & Resikonya
  10. 5 Kursus Persiapan Kelahiran Yang Perlu Diikuti