Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Tiga gizi penting yang juga harus diperhatikan ketika hamil adalah asam folat, zat besi dan kalsium. Asam folat diperlukan untuk memenuhi tuntutan pertumbuhan volume darah selama kehamilan. Jika kurang mengkonsumsi ini, akibatnya adalah spina bifida dan anemia bagi si ibu.

Asam folat bisa ditemukan pada sayuran daun hijau, gandum, telur kacang dan hati. Namun diet saja tidak cukup untuk mendapatkan folat. Mengkonsumsi suplemen asam folat pada trimester pertama sangat dianjurkan.

Selama kehamilan, volume darah akan meningkat untuk itu kebutuhan akan besi juga meningkat. Zat besi akan memacu produksi hemoglobin untuk mengirimkan oksigen yang cukup bagi janin.

Zat besi bisa ditemukan pada daging merah, ayam tanpa kulit, ikan, ati, kacang, tumbuhan polong, gandum dan sayur daunan hijau. Zat besi akan sangat baik diserap jika ditambah dengan konsumsi vitamin C yang bisa diperoleh dari buah-buahan segar dan sayuran.

Pembentukan tulang dan gigi yang sehat sangat bergantung pada kalsium dan vitamin D yang diasup. Janin siap untuk mengkonsumsinya, maka pola makan si ibu harus menyediakan jumlah yang cukup karena jika tidak, malah tulang si ibu yang akan menjadi rapuh!

Kalsium bisa diperoleh pada susu, keju dan yoghurt. Bisa juga ditemukan di ikan seperti sarden, salmon kemasan, ikan asin dan tahu, roti serta susu kedelai.

sumber: hanyawanita.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Ada Banyak Posisi Melahirkan, Berikut 5 Posisi Melahirkan
  2. Operasi “Caesar” Tak Selamanya Baik untuk Bayi
  3. Inilah 7 Cara Mengurangi Nyeri “Sakit” Kontraksi
  4. Menghitung Kehamilan
  5. Inilah 5 Penyebab Kenapa Anda Susah Hamil
  6. Cara Mencegah Kaki Bengkak Saat Hamil
  7. Susah Orgasme? Hamillah!
  8. “Fast Food” atau “Junk Food” Pantangan Ibu Hamil ?
  9. Ingin Bayi Laki-laki? Sarapanlah!
  10. Kapan Saatnya Ibu Hamil Harus Menghindari Hubungan Intim?