Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Siapapun pasti berusaha menghindari kram perut, sakit kepala, perut kembung, hingga perubahan mood akibat PMS (Premenstrual Syndrome) dengan berbagai cara. Dari minum jamu, hingga akupunktur. Bila Anda mau, sebenarnya Anda bisa melawan gejala PMS (Premenstrual Syndrome) ini dengan meditasi, olahraga, dan mengonsumsi makanan “super”. Jika Anda mengalami gejala PMS (Premenstrual Syndrome) tiap bulan, simak makanan apa saja yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi gejala tersebut.

Susu
Studi menunjukkan, konsumsi kalsium sekitar 1.200 mg per hari memberikan pengaruh positif terhadap siklus menstruasi. Masih belum jelas bagaimana kalsium dapat membantu mengurangi nyeri PMS, namun para peneliti meyakini bahwa bahwa mineral ini memengaruhi keseimbangan estrogen dalam tubuh. Sayangnya, suplemen kalsium tidak bekerja sebaik bahan makanan alami untuk melawan PMS. Anda harus mengonsumsinya dari susu, yogurt, atau keju. Jika Anda kurang menyukai produk-produk olahan susu, pilih sayuran seperti brokoli atau kale.

Ikan
Anda mungkin sering mengonsumsi ikan sarden kalengan tanpa mengetahui manfaatnya. Padahal, ikan ini akan menjadi superfood bila dikonsumsi dalam versi yang segar. Ikan-ikan mungil ini pada dasarnya bebas merkuri, dan kaya akan omega-3, asam lemak yang telah terbukti mampu mengurangi kram perut akibat menstruasi. Selain itu, sarden juga mengandung kalsium. Kandungan kalsium dalam porsi 85 gr sama dengan 236 ml susu. Bila tak menemukan sarden, salmon bisa jadi penggantinya.

Pisang
Vitamin B6 telah terbukti mampu mengurangi gejala PMS dan PMDD (Premenstrual Dysphoric Disorder), seperti payudara yang menegang, retensi air, dan mood yang berubah-ubah. Lipatgandakan kebaikan vitamin B6 ini dengan sarapan yang baik untuk jantung seperti oatmeal dan pisang, yang juga kaya akan vitamin B6. Bila tak suka pisang, Anda juga bisa mengonsumsi ayam dan tuna sirip kuning.

Biji-bijian
Biji-bijian dan kacang-kacangan seperti biji buah labu, biji bunga matahari, kacang, dan kacang mete. Bahan makanan ini diketahui kaya akan magnesium, yang mampu membantu mengatasi kembung dan mood swing. Magnesium diperlukan untuk meneruskan kalsium ke tulang, namun tang perlu Anda perhatikan, terlalu banyak kalsium dapat menghambat penyerapan magnesium di dalam tubuh. Untuk menetralkannya, jangan mengonsumsi kalsium secara berlebihan. Selain itu, makanlah makanan yang mengandung magnesium ini terpisah dari makanan berkalsium.

Nenas
Selain mengandung vitamin A, B, dan C, nenas kaya akan kandungan mangan. Mineral ini telah terbukti mampu meningkatkan mood dan mengurangi retensi air, sehingga Anda terbebas dari problem perut kembung. Penelitian juga menunjukkan bahwa mangan meningkatkan kadar serotonin, neurotransmitter yang bertindak sebagai antidepresi alami. Selain nenas, mangan juga bisa ditemukan dalam nasi merah, kacang garbanzo, dan rasberi.

Sumber: FitSugar, kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Papsmear Masih Awam di Kalangan Perempuan Indonesia
  2. Probiotik Atasi Gangguan Pencernaan pada Manula
  3. Mau Langsing Tanpa Diet ? Ikuti 7 Cara Mudah Berikut Ini
  4. Atasi Kelelahan Secara Alami
  5. Konsumsi Teh Hitam Turunkan Risiko Sakit Jantung
  6. Aneka Penyakit Akibat Garam Dapur
  7. Jahe Manjur dan Aman Untuk Obat Migrain
  8. Makanan Pedas Perangi Kanker
  9. 6 Tes Kesehatan Wajib! Untuk Anda Diatas 40 Tahun
  10. Rokok Herbal Tetap Berbahaya Bagi Kesehatan