Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Makanan dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan energi untuk beraktivitas. Namun dalam beberapa kondisi, nafsu makan seseorang bisa berkurang yang membuatnya malam makan. Apa saja yang bikin nafsu makan berkurang?

Bagi orang yang terlalu kurus, nafsu makan sangat penting untuk dapat menaikkan berat badan. Berikut beberapa faktor yang dapat menurunkan nafsu makan, seperti dilansir Lifemojo :

1. Usia
Seiiring bertambahnya usia, indera perasa dan bau akan berubah menjadi kurang peka dan hal ini akan membuat orang dengan mudah kehilangan minat dalam makanan.

2. Kanker dan AIDS
Ini adalah kondisi medis parah yang dapat menyebabkan nafsu makan berkurang dan penurunan berat badan yang signifikan. Bahkan obat yang diresepkan untuk penyakit bekerja untuk membatasi nafsu makan.

3. Gangguan pencernaan
Masalah lambung seperti sembelit, diare, gas perut berlebihan, masalah hati, penyakit Crohn, semua dapat menurunkan nafsu makan seseorang.

4. Stres
Stres sering berhubungan dengan makan berlebih, tetapi fakta membuktikan bahwa banyak orang tidak nafsu makan karena sedang mengalami stres. Stres menurunkan keinginan dan minat orang terhadap makanan. Gangguan mood dan depresi juga terkait dengan nafsu makan rendah.

5. Gangguan makan
Beberapa orang sengaja mengurangi nafsu makan untuk menurunkan berat badan atau tampak kurus. Nafsu makan yang rendah sering dikaitkan dengan gangguan makan seperti aneroxia nervosa, yaitu suatu kondisi di mana seseorang membentuk citra diri yang salah, ingin tampak kurus dengan mengurangi makan dan memperbanyak olahraga.

6. Demam
Lidah kehilangan rasa bila kondisi tubuh sedang demam dan karena itulah seseorang akan kehilangan minatnya dalam makanan.

7. Obat-obatan
Obat-obat tertentu seperti digoksin, fluoxetine, hydralazine dan quinidine dapat menekan nafsu makan pada seseorang.

sumber: detik.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Jangan Berbagi 5 Benda Berikut Ini Dengan Pasangan Anda
  2. Redakan Migrain Dengan Cara Berikut
  3. Kenapa Golongan Darah Ada 4 (A, B, AB dan O)?
  4. Bagaimana Bawang Putih Melawan Kanker?
  5. Hilangkan Lemak Tubuh Saat Tidur
  6. Banyak Perempuan Idap Endometriosis
  7. Makanan yang Pengaruhi ASI
  8. Wanita Paling Stres Umur 27 Dan Paling Menarik Di Umur 31
  9. Kedahsyatan Teh Hijau
  10. Tak Ada Bukti Tomat Cegah Kanker