Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit Alzheimer. Untuk itu jika ada pengobatan alternatif yang mengklaim bisa menyembuhkan Alzheimer, maka itu adalah bohong.

“Bohong kalau ada pengobatan alternatif yang bisa menyembuhkan Alzheimer, tapi dokter bisa membantu mengatasi gejala-gejalanya,” ujar Dr Martina Wiwie, SpKJ disela-sela acara temu media di Gedung Kemenkes, Jakarta.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan Alzheimer adalah penyebab keempat kematian di negara dengan pendapatan tinggi karena meningkatkan populasi penuaan di seluruh dunia. Saat ini banyak negara yang tengah berperang melawan Alzheimer karena belum ada obatnya.

Saat ini diperkirakan ada sekitar 1 juta orang Indonesia yang terkena Alzheimer berdasarkan perhitungan dunia. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa 5-6 persen populasi lansia memiliki Alzheimer.

“Tapi kita belum tahu pasti berapa jumlahnya karena banyak yang masih belum aware, diperkirakan hanya sekitar 10 persen penderita ALzheimer yang ke dokter atau rumah sakit,” ujar Dr Wiwie yang tergabung dalam Asosiasi Alzheimer Indonesia.

Lebih lanjut Dr Wiwie menuturkan Alzheimer merupakan penyebab sekitar 60 persen kasus dementia, sedangkan penyebab dementia lainnya adalah 20 persen dari stroke yang berulang serta 20 persen dari penyakit lain seperti Parkinson atau HIV (orang HIV bisa kena demensia saat usia 30-40 tahun).

Diketahui ada beberapa gejala dari Alzheimer yaitu:

1. Sering lupa
2. Sulit mengambil keputusan
3. Suasana hati yang berubah-ubah
4. Menarik diri dari kehidupan sosial
5. Sulit berbicara dan berbahasa
6. Mengalami kebingungan

“Jangan melihat orang Alzheimer itu seperti sakit berat ya, nggak dia baik-baik saja, tapi begitu dia ngomong baru ketahuan. Faktor risiko utama itu ageing atau usia lanjut yang tidak bisa diubah, tapi kalau yang bisa diapa-apain itu adalah kita harus hidup sehat,” ujar Dr Wiwie.

sumber: detik.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Gizi Seimbang Sesuai Kondisi Ekonomi
  2. Gejala Awal Radang Kandung Empedu, Nyeri Ulu Hati
  3. Inilah Tren Kesehatan di Tahun 2012
  4. Waspadai Nyeri Haid Hebat
  5. Ring Tone Memperbesar Payudara
  6. Cara Kecilkan Perut Bisa Operasi Lewat Mulut
  7. Inilah Rahasia Dibalik Tubuh Indah Seorang Wanita
  8. Aromaterapi untuk Relaksasi
  9. Khasiat Kopi
  10. Bakam Pengobatan ala Rasulullah