Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Apakah Benar Bir Punya Manfaat Untuk Kesehatan. Alkohol memang memberikan efek buruk bagi kesehatan fisik dan mental, namun itu jika dikonsumsi secara berlebihan. Banyak penelitian justru membuktikan, alkohol akan memberikan manfaat baik bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Semua jenis alkohol, entah itu bir, wine, atau liquor, akan meningkatkan kadar kolesterol baik kita, demikian menurut Lisa Young, profesor bidang nutrisi di New York University, dan penulis buku The Portion Teller Plan.

“Itu benar-benar manfaat besar untuk orang-orang yang memiliki masalah kolesterol karena sulit meningkatkan kolesterol baik Anda,” ujarnya.

Sisi buruknya, alkohol juga akan meningkatkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker hati. Dalam sebuah studi baru diungkapkan, perempuan yang rata-rata minum satu atau dua sajian alkohol setiap hari akan meningkatkan risiko kanker payudara hingga 10 persen. Sedangkan mereka yang minum tiga sajian dalam semalam akan menaikkan risikonya hingga 30 persen. Konsumsi alkohol yang berlebihan juga bisa meningkatkan risiko penyakit lain, seperti penyakit jantung, sirosis hati (pengerasan hati), kerusakan otot jantung, dan stroke.

Jika Anda hamil, sebaiknya hentikan dulu konsumsi alkohol karena dapat menyebabkan keguguran atau sindrom alkohol janin pada bayi yang masih ada di dalam kandungan. Sindrom ini dapat merusak pertumbuhan dan perkembangan sistem sarafnya.

Nah, bagaimana dengan bir?

Minuman ini ternyata bukan sekadar minuman “pergaulan”. Sebuah artikel di jurnal medis The Lancet menyebutkan, konsumsi bir sebenarnya dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung. Minuman ini mengandung vitamin B6, yang mencegah pertumbuhan homocysteine, senyawa kimia yang dikaitkan dengan penyakit jantung.

Rata-rata satu sajian bir (sekitar 355 ml untuk bir kalengan) memberikan perlindungan antioksidan dalam jumlah yang sama dengan red wine. Mengonsumsi bir dalam jumlah yang sedang dapat menurunkan peluang penyakit jantung koroner hingga 30-40 persen. Dari segi kandungan kalorinya, ada beberapa variasi. Regular bir kurang lebih mengandung 144 kalori, sedangkan light beer 108 kalori.

Sekali lagi, jika Anda ingin minum alkohol, kuncinya adalah minum dalam jumlah yang sedang. “Manfaat itu akan Anda dapatkan jika jumlahnya sedang, yaitu satu atau dua sajian untuk sehari,” papar Young. Jika rata-rata ukuran bir per sajian adalah 355 ml, satu sajian wine adalah 148 ml, dan alkohol keras 44 ml. “Tetapi Anda tidak bisa merapel jumlah tersebut saat weekend, lho!”

Jangan lupa, alkohol juga bisa menyebabkan kecanduan. Jadi, Anda harus memastikan bahwa Anda bisa membatasi asupannya. Jika Anda mudah terpengaruh teman, atau punya riwayat keluarga yang mengalami kecanduan alkohol, sebaiknya jauhkan diri dari minuman ini.

Sumber: Fitness, kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Celup Teh Kurang Dari 5 Menit Saja!
  2. Bahaya Kanker Di Balik Melamin Murah !
  3. Yang Perlu Diketahui Tentang Leukemia
  4. Bagaimana Cara Kerja Tusuk Jarum / Akupunktur?
  5. Binatang Hasil Kloning Aman Dikonsumsi
  6. Inilah Keburukan Ganja bagi Anak saat Dewasa
  7. Femtocell : Teknologi BTS 3G/HSDPA Terbaru, Sinyal Lebih Kuat
  8. Atasi Juling Sejak Dini
  9. Wah.. Ternyata 1 dari 100 Orang Terlahir Kebal HIV
  10. Minumlah Alkohol, Agar Terhindar Dari Pikun