Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Pekerja malam alias orang bekerja dengan jam shift malam sering mengalami kesehatan yang buruk, karena harus tetap terjaga sepanjang malam. Tapi ada beberapa kiat sehat untuk pekerja malam.

Orang yang kerja shift malam atau bekerja hingga larut malam sering menderita insomnia. Bekerja di malam hari tentu saja membuat tubuh stres, karena secara biologis tubuh dirancang untuk menjadi aktif pada siang hari dan istirahat di malam hari.

Cara tubuh berfungsi dan jenis hormon yang diproduksi bervariasi tergantung apakah orang tidur atau terjaga. Jika jadwal tidur Anda keluar jalur, maka dapat mengganggu siklus tidur-bangun (ritme sirkadian) yang normal dan tubuh menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya, yang akhirnya akan mengarah pada insomnia dan masalah kesehatan lainnya.

Dilansir dari GeniusBeauty, berikut beberapa cara untuk mengurangi dampak kesehatan akibat siklus tubuh yang terganggu:

1. Pola makan selama kerja malam
Pastikan Anda makan malam yang hangat sebelum pergi bekerja. Ini akan menjamin proses pencernaan tetap sehat untuk memberi energi di malam hari. Serta kurangi konsumsi minuman seperti kopi, teh atau minuman berkafein lainnya. Kafein dapat berakibat buruk pada tubuh, terlebih bila ritme sirkadian Anda abnormal.

2. Minuman untuk shift malam
Jus alami dan air putih adalah minuman terbaik di malam hari. Dalam situasi stres, tubuh membutuhkan lebih banyak cairan yang harus diganti.

3. Vitamin untuk meningkatkan efisiensi kerja
Mengatasi stres yang terkait dengan kerja shift malam atau kerja hingga larut malam adalah dengan mengonsumsi cukup vitamin B, kalsium dan magnesium. Vitamin-vitamin ini bisa mengurangi risiko kesehatan karena dampak bekerja hingga larut malam.

4. Jangan merokok saat kerja malam
Jangan merokok ketika Anda kerja di malam hari. Serupa dengan kafein, nikotin yang terkandung dalam rokok juga bertindak sebagai stimulan, yang pada akhirnya akan memperburuk kondisi kesehatan Anda.

5. Gaya hidup sehat dan olahraga
Luangkan waktu lebih untuk diri sendiri dan mempertahankan gaya hidup sehat. Lakukan lebih banyak jalan dan berolahraga setidaknya setengah jam sehari. Lari, renang dan olahraga kebugaran (fitness) tidak hanya akan membantu mempertahankan tingkat kebugaran yang baik tetapi juga menyediakan dukungan untuk tidur yang sehat.

sumber : Merry Wahyuningsih – detikHealth


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cukupi Kebutuhan Vitamin E
  2. Dampak Diperlakukan Tidak Adil
  3. 10 Cara Terhindar Dari Serangan Jantung
  4. Telah Ditemukan, Gen Untuk Membuat Anda Panjang Umur
  5. Inilah Biaya Yang Harus Dikeluarkan Untuk Program Bayi Tabung Di Jakarta
  6. Inilah 7 Cara Sederhana Sembuhkan Flu
  7. Khasiat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh, part 2
  8. Lindungi Mata dari Katarak
  9. Apakah Benar Bir Punya Manfaat Untuk Kesehatan
  10. Infeksi Jamur Daerah Genital