Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

“Breakfast is the most important meal of the day”. Itu kata bijak yang sangat benar. Sejatinya, sarapan membantu mengendalikan masalah kenaikan berat badan dan kegemukan bagi setiap orang. Sejumlah studi menunjukkan, kebanyakan orang sukses mempertahankan berat badan hanya dengan membiasakan sarapan setiap harinya. Mudah dan sederhana, bukan?

Makanan yang anda pilih sebagai sarapan membuat perbedaan besar bagi kesehatan badan. Banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan saat sarapan, misalnya, akan menurunkan risiko kanker.

Setelah berpuasa sepanjang malam, sarapan akan membantu memulihkan energi yang hilang selama tidur. Jika anda memilih makanan yang menyehatkan, makanan yang lambat dibakar, seperti buah dan kacang-kacangan, anda akan dapat mengendalikan rasa lapar hingga jam makan siang datang. Dampak positif lainnya adalah anda juga dapat menghindari makan yang berlebihan saat jam makan siang berdentang.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa orang yang lebih suka mengabaikan sarapan, dan membayarnya sekaligus pas makan siang, biasanya malah tidak sehat. Kenapa? Perut kosong kadang ‘memaksa’ orang mengonsumsi makanan berkadar lemak dan berkalori tinggi.

Apalagi sih keuntungan sarapan? Menurut The American Institute for Cancer Research, membiasakan sarapan meningkatkan metabolisme, atau laju pembakaran kalori. Akibatnya, tubuh akan lebih berenergi dan mengendalikan berat badan dengan lebih gampang.

Perhatikan makanan yang anda makan saat sarapan, jangan asal kenyang lho. Mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi tidak disarankan. Kenapa? Tak lain makanan dan minuman mengandung kadar gula tinggi akan membuat energi melonjak sesaat kemudian anjlok ke level terendah. Akibatnya, anda cepat lapar dan haus lagi, meski sudah sarapan.

Jadi apa sarapan yang menyehatkan? Pilihlah serealia dengan kandungan gula rendah, buah segar atau kalengan (hindari jus bergula). Makanan yang tak umum untuk sarapan, seperti sop sayur-sayuran juga boleh. Mengkonsumsi makanan ini akan memberi energi lebih lama bagi tubuh anda. So, pintar-pintar saja mengolah menu buat sarapan. Pastikan, sarapan itu berefek baik bagi tubuh, bukan semata mengenyangkan saja. (yz, Sumber: Nirmala)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Sepatu Hak Tinggi Kurang Sehat
  2. Kegunaan Timun bagi Tubuh
  3. Mau Lebih Sehat? Matikan AC, Nyalakan Kipas Angin
  4. Kiat Sehat Perempuan Aktif, part 2
  5. Kapan Anda Membutuhkan Psikiater?
  6. Inilah 5 Tips Tetap Sehat Usai Berlibur
  7. Bayaha Penggunaan Ponsel Untuk Anak Dibawah 12 Tahun
  8. Hindari 4 Kebiasaan Berikut Agar Tetap Awet Muda
  9. Super Brokoli untuk Penderita Kanker
  10. Stres Kronik Lebih Berbahaya bagi Perempuan