Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Katarak identik dengan gangguan mata pada kelompok usia lanjut. Ternyata katarak ini tidak bisa dicegah meski mengonsumsi antioksidan atau vitamin karena termasuk dalam salah satu proses penuaan. Kenali gejala awalnya agar bisa segera diobati.

“Katarak tidak bisa dicegah karena bagian dari proses penuaan, termasuk antioksidan tidak bisa mencegah katarak,” ujar Dr Sanduk Ruit dalam acara media briefing dengan Dr Ruit di Hotel Four Season, Jakarta.

Dr Ruit yang ahli dalam operasi katarak dengan teknik operasi sayatan kecil ini menuturkan banyak orang yang tidak tahu kalau katarak itu sendiri sebenarnya bisa diobati, jika masih awal maka katarak ini bisa dikikis atau diberikan obat tertentu dan tidak perlu dioperasi.

“Sampai saat ini kami tidak tahu apa solusi yang pas untuk mencegah katarak,” ujar dokter yang menjadi Direktur Medik untuk Ophtalmology di Institut Tilganga Kathmandu, Nepal.

Dr Ruit menjelaskan ada beberapa kondisi yang membuat seseorang lebih rentan terkena katarak seperti banyak terkena sinar matahari, tinggal di dataran tinggi serta orang yang bekerja di daerah panas.

Katarak adalah gangguan mata yang terjadi di lensa sehingga pandangan jadi kabur atau buram dan menjadi penyebab paling umum terjadinya kebutaan. Kebanyakan orang belum mengalami kebutaan tapi hanya pandangan buram, tapi ada juga yang sudah sampai kebutaan total.

Untuk itu kenali gejala atau tanda yang muncul dari katarak sehingga bisa diobati tanpa perlu operasi, gejalanya meliputi:

1. Pandangan kabur atau redup
2. Meningkatnya kesulitan untuk melihat di malam hari
3. Peka terhadap cahaya dan silau
4. Sering mengalami perubahan dalam resep kacamata / lensa kontak
5. Warna bola mata yang menjadi keruh atau menguning
6. Adanya penglihatan ganda dalam 1 mata

Awalnya kekeruhan yang disebabkan oleh katarak hanya mempengaruhi sebagian kecil dari lensa mata sehingga kadang orang tidak menyadari gangguan penglihatan yang terjadi.

Tapi seiring dengan bertambah besarnya katarak, maka kekeruhan mempengaruhi sinar yang melewati lensa, jika tidak ditangani akan memicu terjadinya kebutaan.

Jika sudah parah maka satu-satunya cara mengobati katarak adalah dengan operasi dan mengganti lensa di mata dengan yang jernih. Jika operasinya benar maka biasanya katarak tidak muncul lagi.

sumber: detik.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Tes DNA Ibu Hamil, Bisa Deteksi 100 Penyakit Bayi Dimasa Datang
  2. Kuman Vagina Pembunuh Sperma
  3. Pilih Normal atau Caesar ? Bayi Lahir Caesar Berisiko Tinggi Asma dan Alergi
  4. Olahraga dan Rencana Kehamilan
  5. 10 Penyakit – Penyakit Teraneh
  6. Buah Pisang, Bisa Lawan AIDS
  7. Inilah 10 Makanan Penyebab Bau Badan
  8. Waspadai Lemak Trans
  9. 10 Tips OK Untuk Menurunkan Berat Badan
  10. Inilah 5 Profesi dengan Tingkat Stres Paling Tinggi