Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Dibuat minuman atau dijadikan campuran untuk aneka makanan, cokelat memang lezat. Tak hanya lezat, cokelat ternyata juga berkhasiat untuk kesehatan. Hasil penelitian Dr Norman Hollenberg, peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Harvard, Amerika Serikat (AS) menunjukkan, salah satu zat aktif dalam cokelat yakni epicatechin mampu menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, stroke, dan diabetes mellitus.

Kesimpulan ini diperoleh setelah Hollenberg meneliti kebiasaan minum cokelat di kalangan masyarakat Kuna di Panama. Asal tahu saja, cokelat adalah satu-satunya jenis minuman yang mereka nikmati sejak bayi hingga ajal menjemput. Setiap pekannya, mereka rata-rata minum sekitar 40 cangkir cokelat. Kebiasaan ini berdampak positif.

Tingkat kejadian stroke, penyakit jantung, kanker dan diabetes di antara mereka terbilang rendah yaitu kurang dari 10 persen. Angka harapan hidup masyarakat Kuna juga lebih tinggi dibanding kelompok masyarakat Panama lainnya. ”Selain itu, hampir tidak ada orang Kuna yang mengalami kepikunan (demensia). Juga jarang sekali orang Kuna yang menderita hipertensi,” kata Hollenberg.

Epicatechin sendiri adalah salah satu jenis flavonoid yang juga ditemukan pada teh, wine, dan beberapa jenis sayuran serta buah-buahan. Di dalam tubuh, zat aktif ini diyakini mampu meningkatkan nitric oxide di dalam darah. Peningkatan nitric oxide ini akan membantu melenturkan pembuluh darah dan memperbaiki aliran darah.

Epicatechin juga berperan sebagai antioksidan yang mampu melumpuhkan radikal bebas. Karena itu, masuk akal bila epicatechin bisa menurunkan risiko kanker. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Download Mp3 Vivaldi, Beethoven, Mozart, Karena Efek Musik Klasik Setara Obat Penenang
  2. Cara Hidup Sehat, Walaupun Merokok
  3. Pengidap HIV/AIDS di Indonesia Terus Meningkat
  4. Atasi Jerawat Menggangu
  5. Inilah 8 Jahatnya Roti Tawar Putih
  6. Atasi Kanker Serviks dengan Minyak Jelaga & Ramuan
  7. 9 Cara Atasi Bau Badan Secara Alami
  8. Anoreksia
  9. Meja Kerja Sarang Kuman
  10. Inilah 5 Cara Tepat Memilih dan Menggunakan Pembalut