Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Apakah anda pernah diperlakukan tak adil? Rasanya, tentu sangat tidak enak. Bahkan bisa jadi membuat kita merasa sakit hati. Tak hanya luka psikis, perlakukan tidak adil ternyata bisa menimbulkan sakit fisik. Hasil penelitian terbaru menunjukkan, perlakuan tidak adil berpotensi menimbulkan sakit jantung. Adalah para ahli dari University College, London, yang meneliti hal ini.

Riset ini melibatkan 8.000 orang yang sebagian besar adalah pegawai pemerintah. Masing-masing dari mereka diminta untuk mengisi kuesioner dan menjawab sejumlah pertanyaan seperti ”Seberapa sering anda diperlakukan tidak adil?”

Tak hanya mengajukan kuesioner, para ahli juga mengamati kesehatan fisik dan mental mereka selama sekitar 11 tahun. Dari penelitian jangka panjang ini, para ahli menemukan lebih banyak responden yang merasa diperlakukan tidak adil. Dan ini membuat mereka berisiko tinggi mengalami serangan jantung.

Mengapa perlakuan tak adil meningkatkan risiko sakit jantung? Para peneliti menduga, perlakuan tidak adil menimbulkan emosi negatif yang pada gilirannya bisa mendorong terjadinya perubahan biokimia di dalam tubuh. Sementara Prof Neil Poulter, pakar kardiovaskuler dari Imperial College, London, mengatakan, ”Saya kira, jika anda diperlakukan tidak adil, maka hal itu akan menimbulkan stres yang akan berdampak buruk pada kesehatan anda.” (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Bakteri Penyebab Kematian Tiba-tiba pada Bayi
  2. Pendiri Apple, Steve Jobs : Kanker Pankreas, Rokok dan Diabetes
  3. Kandungan Gizi Pisang
  4. Higine Mulut, Deteksi Dini Osteoporosis
  5. Kenali dan Waspadai Penyakit Leptospirosis
  6. Inilah 4 Keuntungan Olahraga Sore Hari
  7. Langsing Dengan Sepeda, Ikuti Stepnya
  8. Cara Memasak Sehat Agar Terhindar Dari Kolesterol
  9. Di Masa Subur, Perempuan Ingin Diperhatikan Pria
  10. Inilah Fakta dan Mitos Bedah Mata LASIK